RANCANG BANGUN APLIKASI WALLPAPER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT
Aplikasi Wallpaper, Android, Kotlin, Rapid Application Development
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet telah mempengaruhi pola masyarakat Indonesia dalam menggunakan smartphone. Khusunya smartphone berbasis Android dan penggunaan aplikasi Android menjadi sangat populer di kalangan pemuda. Organisasi kepemudaan yang bernama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) memiliki visi terwujudnya masyarakat sejahtera dan memiliki misi mengembangkan potensi pribadi dan kesejahteraan masyarakat muslim Indonesia. Organisasi PMII dapat memanfaatkan aplikasi Android sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan popularitasnya agar dapat beradaptasi dengan era digital. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan sebuah aplikasi wallpaper bertema PMII menggunakan bahasa pemrograman Kotlin dan database Firebase dengan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Hasil survei menunjukkan bahwa 94,1% responden tertarik dengan aplikasi ini. Aplikasi wallpaper berbasis Android ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anggota dan kader PMII di seluruh dunia serta meningkatkan popularitas organisasi PMII di dunia digital. Fitur-fitur pada aplikasi ini antara lain manajemen kontributor, upload karya, info kontributor wallpaper, simpan dan pasang wallpaper.
Downloads
References
APJII. (2022). Hasil Survey Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), June. http://apjii.or.id
Baso, K. J., Rindengan, Y. D. Y., & Sengkey, R. (2020). Perancangan Aplikasi Catering Berbasis Mobile. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2), 81–90.
Buana, W., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 91. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v5i2.11669
Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone Di Kalangan Pelajar Sebagai Akses Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona-19. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 29–43.
Edison, M., Firdaus, M. F. G., & Atmojo, W. T. (2020). Pembuatan Aplikasi Wallpaper Anime Dengan Menggunakan Metode Waterfall Pada Pt. N3konime. Jurnal Inovasi Informatika, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.51170/jii.v5i1.37
Fatmasari, & Sauda, S. (2022). Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(April 2020), 429–436. https://doi.org/10.30865/mib.v4i2.2022
Fauzia, M. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan dan Informasi Jasa Makeup Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development. http://eprints.polbeng.ac.id/3571/
Febrian, V., Ramadhan, M. R., Faisal, M., & Saifudin, A. (2020). Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 61. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i1.4340
Kumala, N. K. R., Puspaningrum, A. S., & Setiawansyah. (2020). E-Delivery Makanan Berbasis Mobile (Studi Kasus : Okonomix Kedaton Bandar Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 1(2), 105–110. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
Listiono, E. D., Surahman, A., & Sintaro, S. (2021). Ensiklopedia Istilah Geografi Menggunakan Metode Sequential Search Berbasis Android Studi Kasus: Sma Teladan Way Jepara Lampung Timur. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 35–42.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.