Perbandingan Kinerja Support Vector Machine dalam Klasifikasi Obesitas dengan Pendekatan Kernel Linear dan Radial Basis Function
Abstract
Obesitas adalah kondisi medis yang ditandai dengan penumpukan lemak tubuh yang berlebihan hingga dapat menimbulkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Di Indonesia, dalam kurun waktu 10 tahun terjadi peningkatan obesitas yang signifikan, dari 10,5% pada tahun 2007 menjadi 21,8% pada tahun 2018. Secara global, pada tahun 2030 diperkirakan 1 dari 5 wanita dan 1 dari 7 pria akan hidup dengan obesitas, yang setara dengan lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. Untuk mengatasi permasalahan ini, teknologi kecerdasan buatan digunakan dalam prediksi obesitas guna mengidentifikasi faktor risiko secara lebih akurat. Penelitian ini membandingkan performa klasifikasi obesitas menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan dua pendekatan berbeda: SVM dengan kernel Linear tanpa hyperparameter tuning dan SVM dengan kernel Radial Basis Function (RBF) dengan hyperparameter tuning. Dataset yang digunakan bersumber dari Universitas Sinop yang tersedia di Kaggle, dengan total 1610 data. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model SVM Linear tanpa hyperparameter tuning memiliki akurasi 72% pada data uji, sedangkan model SVM-RBF dengan hyperparameter tuning C dan gamma mencapai akurasi 83%. Perbedaan performa ini menunjukkan bahwa pemilihan kernel dan penerapan hyperparameter tuning dapat meningkatkan akurasi serta keandalan prediksi obesitas.
Downloads
References
Chawla, N. V., Bowyer, K. W., Hall, L. O., & Kegelmeyer, W. P. (2002). SMOTE: Synthetic minority over-sampling technique. Journal of Artificial Intelligence Research, 16, 321–357. https://doi.org/10.1613/jair.953
Dianingsih, A., Dieny, F. F., Nuryanto, N., & Syauqy, A. (2022). Pengaruh Senam Aerobik Terhadap Kualitas Tidur Dan Sindrom Makan Malam Pada Mahasiswi Obesitas. Gizi Indonesia, 45(2), 197–208. https://doi.org/10.36457/gizindo.v45i2.735
Han, J., Kamber, M., & Pei, J. (2011). Data Mining: Concepts and Techniques (3rd ed.). Elsevier. ISBN: 978-0-12-381479-1
Javeed, A., Dallora, A. L., Berglund, J. S., Idrisoglu, A., Ali, L., Rauf, H. T., & Anderberg, P. (2023). Early Prediction of Dementia Using Feature Extraction Battery (FEB) and Optimized Support Vector Machine (SVM) for Classification. Biomedicines, 11(2). https://doi.org/10.3390/biomedicines11020439
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Panduan Hari Obesitas Sedunia Tahun 2023. Jakarta: Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
Koklu, N., & Sulak, S. A. (2024). Using Artificial Intelligence Techniques for the Analysis of Obesity Status According to the Individuals’ Social and Physical Activities. Sinop Üniversitesi Fen Bilimleri Dergisi, 9(1), 217–239. https://doi.org/10.33484/sinopfbd.1445215
Reza, M. S., Hafsha, U., Amin, R., Yasmin, R., & Ruhi, S. (2023). Improving SVM performance for type II diabetes prediction with an improved non-linear kernel: Insights from the PIMA dataset. Computer Methods and Programs in Biomedicine Update, 4(August), 100118. https://doi.org/10.1016/j.cmpbup.2023.100118
Toar, J., Telew, A., & Lumenta, G. (2023). The Perbedaan Tiga Kategori Aktifitas Fisik pada Status Obesitas dan Non Obesitas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 7(3), 458–467. https://doi.org/10.15294/higeia.v7i3.61369
Wiardani, N. K., Agung, A., Kusumajaya, N., Kesehatan, P., & Denpasar, K. (2023). GIZI INDONESIA Journal of The Indonesian Nutrition Association PERILAKU MAKAN, AKTIVITAS FISIK, DAN PENGGUNAAN INTERNET PADA REMAJA SEKOLAH YANG MENGALAMI OBESITAS DI PROVINSI BALI Eating Behavior, Physical Activity, and Internet Use in Junior High School. Gizi Indon, 2023(2), 207–220. https://doi.org/10.36457/gizindo.v46i2.794
Wong, J. E., Yamaguchi, M., Nishi, N., Araki, M., & Wee, L. H. (2022). Predicting Overweight and Obesity Status among Malaysian Working Adults with Machine Learning or Logistic Regression: Retrospective Comparison Study. JMIR Formative Research, 6(12). https://doi.org/10.2196/40404

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.