PENGARUH USER INTERFACE TOKO ONLINE TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA STUDI KASUS PADA E – COMMERCE WONOSOBO MALL

Authors

  • Basiroh Basiroh Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
  • Dian Asmarajati Universitas Sains Al-Quran
  • Wilanti Fatmafury Universitas Sains Al-Quran

DOI:

https://doi.org/10.32699/device.v10i1.1484

Keywords:

Analisis, Usability Testing, E – commerce, Kuesioner, Wonosobo Mall

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat para pelaku bisnis mulai melakukan proses jual-beli secara online, hal ini membuat banyak e-commerce mulai bermunculan di Indonesia yang membuat persaingan bisnis pun berpindah menjadi online, salah satunya adalah e-commerce Wonosobo Mall. Wonosobo Mall adalah e – commerce yang digunakan penulis untuk melakukan studi analisis tentang user interface terhadap kenyamanan pengguna menggunakan metode regresi linier sederhana dan usability testing. Dari 79 responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini, 47 responden berjenis kelamin laki – laki sedangkan 32 responden berjenis kelamin perempuan. Dari pengujian yang dilakukan dapat disebut e – commerce Wonosobo Mall adalah baik. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil yaitu prosentase usability testing untuk mengukur penggunaan e – commerce Wonosobo Mall. Pada penelitian ini menggunakan pengujian secara objektif dengan pengujian secara langsung kepada responden pengguna e - commerce Wonosobo Mall dengan menggunakan kuesioner yang memiliki 5 skala yaitu: learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction.

References

Nielson, Jacob. (2003). Usability 101:Introduction to usability.
Holbrook, M. B. & Hirschman, E. C. (1982). The experiental aspects of consumption: consumer fantasies, feelings and fun, Journal of Consumer Research, 9(2), 132-141.
Koufaris M. (2002). Applying the Technology Acceptance Model of Flow Theory to Online Consumer Behaviour, Information Systems Research, 13(2), 205-223.
Pikkarainen, T., Kari Pikkarainen. (2004). Consumer Acceptance Of Online Banking: An Extension of the Technology Acceptance Model. Internet Research. 14 (3) pp.224-235.
Novianti, D. (2017). Sistem Informasi Keuangan Menggunakan Human Computer Interaction. INTI TALAFA J. Tek. Inform, 9(2), 25-45.

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH USER INTERFACE TOKO ONLINE TERHADAP KENYAMANAN PENGGUNA STUDI KASUS PADA E – COMMERCE WONOSOBO MALL. (2020). Device, 10(1), 33-37. https://doi.org/10.32699/device.v10i1.1484