Pengembangan Alat Peraga untuk Membantu Pemahaman Peserta Didik dalam Materi Gerak Parabola
Alat Peraga, Gerak Parabola, Ultrasonic Sensor
Abstract
Pemahaman konsep fisika pada materi gerak parabola yang bersifat abstrak memerlukan benda-benda konkrit seperti alat peraga. Munculnya paradigma peserta didik mengenai pembelajaran fisika yang sulit, pemahaman konsep dengan bantuan alat peraga dapat menjadi alternatif. Penelitian kali ini menciptakan alat peraga gerak parabola dengan basis ultrasonic sensor. Prinsip kerja ultrasonic sensor yaitu menangkap objek dengan jarak tertentu. Alat peraga gerak parabola ini memiliki pelontar yang digerakkan oleh komponen ultrasonic sensor melalui micro servo yang terhubung pada sistem mikrokontroler arduino uno. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ketelitian dan ketepatan alat peraga gerak parabola pada saat pengukuran. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (development research) yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung dalam pengukurannya. Pegukuran langsung digunakan untuk mengukur jarak dan waktu jatuh benda sedangkan pengukuran tidak langsung dilakukan dengan mencari kecepatan awal, jarak dan waktu hitung jatuh benda dengan perumusan. Dengan mengindikasikan presentase eror pada ketelitian percobaan jarak dan waktu jatuh benda di setiap sudutnya, presentase eror memberikan nilai 6,75 dengan kategori sangat akurat dan 17,1 dengan kategori baik. Alat peraga juga menunjukkan kesesuaian antara hasil pengamatan langsung dengan teori dasar.
Downloads
References
Kadir, A. (2016). Simulasi Arduino. Elex Media Komputindo.
Lewis, C. D. (1982). Industrial and business forecasting methods: A practical guide to exponential smoothing and curve fitting. (No Title).
Rahmat, S. I. (2019). Sistem peringatan dini banjir menggunakan sensor ultrasonik berbasis Arduino Uno. Jurnal Manajemen dan Teknik Informatika (JUMANTAKA), 3(1).
Setiawan, O., Syauqy, D., & Kurniawan, W. (2018). Implementasi Teknik Enkoding Digital Pembacaan Sensor Ultrasonik Untuk Memetakan Keputusan Aksi Robot Quadruped. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), 6087–6092.
Sugiyono, D. (2021). Metode penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan R&D (2/3). Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).