OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI TEMBAKAU DI PT BAWANG EMAS MENGGUNAKAN SOLVER EXCEL

  • Taufiqurrohman Taufiqurrohman Universitas Islam Madura
  • Makinul Lizami Universitas Islam Madura
  • Moh. Rafiqi Wahyudi Universitas Islam Madura
  • Hozairi Hozairi Universitas Islam Madura
Keywords:
Jalur Terpendek, Optimasi, Solver Excel

Abstract

Industri tembakau di Indonesia merupakan salah satu sektor penting yang berkontribusi terhadap perekonomian nasional. PT Bawang Emas, sebagai salah satu perusahaan tembakau terkemuka di Kota Pamekasan, dihadapkan pada tantangan dalam mengoptimalkan rute distribusi produknya. Hal ini penting untuk meminimalkan biaya transportasi dan meningkatkan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan menerapkan aplikasi solver excel untuk menerapkan metode jalur terpendek dalam mengoptimalkan rute distribusi tembakau di PT Bawang Emas menggunakan Solver Excel. Metode yang digunakan adalah metode Jalur terpendek, Metode tersebut digunakan karena bisa menghitung rute terpendek dengan meminimalkan total jarak tempuh. Penelitian ini memiliki 16 variabel keputusan, dan satu tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute terpendek dari PT Bawang Emas (S) ke Gudang Sampang (T) melalui Desa A, B, C, D, dan E dengan total jarak tempuh 40 Kilometer, Jarak dari PT Bawang Emas (S) ke desa B sejauh 18 Kilometer, jarak dari desa B ke desa E sejauh 8 Kilometer, dan jarak dari desa E ke ke Gudang Sampang (T) sejauh 14 Kilometer . Penerapan metode ini dapat membantu PT Bawang Emas dalam mengoptimalkan rute distribusi tembakau, sehingga meminimalkan biaya transportasi dan meningkatkan efisiensi operasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Harahap, M. K., & Khairina, N. (2017). Pencarian Jalur Terpendek dengan Algoritma Dijkstra. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 2(2), 18-23.
[2] Hozairi, H. H., Rosita, N., Kamariyah, N., & Sasmita, Y. (2021, November). Penerapan Solver Excel Untuk Minimalisasi Biaya Transportasi Pengiriman Alat Pelindung Diri (APD) di Pamekasan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DATA (Vol. 1, No. 01, pp. 83-89).
[3] Christata, B. R., & Primadasa, R. (2023). PENENTUAN RUTE PENGIRIMAN ES BATU MENGGUNAKAN NEAREST NEIGHBOR DAN EXCEL SOLVER. Journal of Industrial Engineering and Technology, 3(2), 62-73.
[4] Bahktiar, F., Puspitorini, P. S., & Rosyida, E. E. (2022, October). MODEL SET-COVERING PROBLEM UNTUK MENGOPTIMALKAN LOKASI DROPPOINT DI PERUSAHAAN LOGISTIK. In SEMINAR NASIONAL FAKULTAS TEKNIK (Vol. 1, No. 1, pp. 392-398).
[5] Suwarman, H. R. (2021). Evaluasi Penerapan Evolutionary Algorithm Untuk Pemecahan Traveling Salesman Problem. Sistemik: Jurnal Ilmiah Nasional Bidang Ilmu Teknik, 9(1), 28-34.
[6] Purba, S. A. (2021). Analisis Jaringan Kerja dengan Metode Critical Path Method (CPM) dan Model Program Linier. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 429-438.
[7] Yulianto, S., Widyadana, I. G. A., & Sepadyati, N. (2022). Optimasi Rute Pengiriman pada CV. X Menggunakan Metode Evolutionary Algorithm. Jurnal Titra, 10(1).
[8] Nugraha, A. D. (2023). Pembuatan Decision Support System untuk Optimasi Rute Pelayaran Kapal dengan Pendekatan Efisiensi Energi (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
[9] Budisetio, S. S., Setyaningrum, R., Arsiwi, P., Santoso, D. A., & Sawitri, D. R. (2021). PERANCANGAN JARINGAN RANTAI PASOK SAMPAH ORGANIK MENJADI PAKAN TERNAK LELE YANG OPTIMAL (Studi Kasus: Nusantara Recycling Center dan Kelurahan Kalipancur, Semarang). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 9(1), 49-60.
[10]Satriya, B. (2023). PENENTUAN RUTE PALING EFISIEN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENDISTRIBUSIAN SEMEN SAK DI WILAYAH JAWA TIMUR.(STUDI KASUS: PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK.) (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo).
[11] Nurlathifah, E., Pudjiantoro, F. K. P., Ammar, N., Sutopo, W., & Yuniaristanto, Y. (2020). Optimalisasi rute distribusi bbm dengan penerapan capacitated vehicle routing problem dan excel solver di kabupaten magetan. Teknoin, 26(2), 116-126.
Published
2024-07-31
How to Cite
[1]
TaufiqurrohmanT., LizamiM., WahyudiM. R., and HozairiH., “OPTIMASI RUTE DISTRIBUSI TEMBAKAU DI PT BAWANG EMAS MENGGUNAKAN SOLVER EXCEL”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 80-84, Jul. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times