RANCANG BANGUN TAMPILAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) BERBASIS ANDROID
game, satwa, game development life cycle, android
Abstract
Dalam era berkembangnya teknologi masa ini, Game menjadikan sarana hiburan serta pendidikan untuk lintas usia, termasuk sebagai bahan pembelajaran bagi siswa. Game mobile adalah game yang dimainkan pada smartphone, tablet, maupun gawai semacamnya. Dibalik pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia, populasi satwa – satwa langka endemik di Indonesia mengalami penurunan hingga mengalami kepunahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak – anak tertarik belajar menggunakan gawai nya untuk hal yang positif dan menambah pengetahuan tentang satwa langka yang ada di Indonesia. Salah satu media yang menarik dan menyenangkan adalah melalui suatu game, tentu dapat memberi informasi mengenai satwa – satwa langka di Indonesia. Dalam penelitian ini proses perancangan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) berbasis mobile android dan menggunakan Construct 3 untuk mengembangkan game. Kesimpulan dari penelitian ini dengan hasil beta testing menunjukan nilai usability dari keseluruhan tes yang dilakukan mendapat nilai presentase rata – rata 83.2%.
Downloads
References
[2] R. Janata, A. T. Priandika, and R. D. Gunawan, “Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 286–294, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2035.
[3] M. Fadil Akbar and H. Sulistiani, “Game Education Introduction Of Rare Animals Based On Android Using Construct 2,” Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 275–282, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071671.
[4] Bagus Fikri Ananda and A. Chusyairi, “Perancangan Game Virus Survivor Untuk Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Game Development Life Cycle,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 78–84, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i2.20.
[5] F. Nugraha and R. T. Prasetio, “Game Pembelajaran Menulis Angka Dengan Construct 3 Di Sdn Puspajaya,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, pp. 354–365, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3602.
[6] S. Permatasari, M. Asikin, and N. R. Dewi, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 233–245, 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i1.3025.
[7] Mustari Lamada, Mustamin, and Maulidina, “Pengembangan Game Edukasi Tata Surya Menggunakan Construct 3 Berbasis Android,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2022, doi: 10.59562/intec.v1i2.237.
[8] A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R. Yusron, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.
[9] M. Mujiyanto, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Kata Kerja Aktif Dan Pasif Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 185–201, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i2.1851.
[10] KSDA, “Satwa Langka,” Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, 2014. https://ksdae.menlhk.go.id/pencarian-berita.html?q=satwa+langka (accessed May 30, 2024).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).