RANCANG BANGUN TAMPILAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) BERBASIS ANDROID

  • Moh. Rifqi Nurfaisandi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Keywords:
game, satwa, game development life cycle, android

Abstract

Dalam era berkembangnya teknologi masa ini, Game menjadikan sarana hiburan serta pendidikan untuk lintas usia, termasuk sebagai bahan pembelajaran bagi siswa. Game mobile adalah game yang dimainkan pada smartphone, tablet, maupun gawai semacamnya. Dibalik pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia, populasi satwa – satwa langka endemik di Indonesia mengalami penurunan hingga mengalami kepunahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak – anak tertarik belajar menggunakan gawai nya untuk hal yang positif dan menambah pengetahuan tentang satwa langka yang ada di Indonesia. Salah satu media yang menarik dan menyenangkan adalah melalui suatu game, tentu dapat memberi informasi mengenai satwa – satwa langka di Indonesia. Dalam penelitian ini proses perancangan menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) berbasis mobile android dan menggunakan Construct 3 untuk mengembangkan game. Kesimpulan dari penelitian ini dengan hasil beta testing menunjukan nilai usability dari keseluruhan tes yang dilakukan mendapat nilai presentase rata – rata 83.2%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Anisa and N. Rofiq, “Perancangan Game Edukasi Petualangan Anak Pramuka Dengan Menggunaan Scirra Construct 3,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 09, pp. 1417–1425, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/600%0Ahttps://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/download/600/463
[2] R. Janata, A. T. Priandika, and R. D. Gunawan, “Pengembangan Game Petualangan Edukasi Pengenalan Satwa Dilindungi Di Indonesia Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 286–294, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2035.
[3] M. Fadil Akbar and H. Sulistiani, “Game Education Introduction Of Rare Animals Based On Android Using Construct 2,” Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 275–282, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071671.
[4] Bagus Fikri Ananda and A. Chusyairi, “Perancangan Game Virus Survivor Untuk Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Game Development Life Cycle,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 78–84, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i2.20.
[5] F. Nugraha and R. T. Prasetio, “Game Pembelajaran Menulis Angka Dengan Construct 3 Di Sdn Puspajaya,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, pp. 354–365, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3602.
[6] S. Permatasari, M. Asikin, and N. R. Dewi, “MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 233–245, 2022, doi: 10.33022/ijcs.v11i1.3025.
[7] Mustari Lamada, Mustamin, and Maulidina, “Pengembangan Game Edukasi Tata Surya Menggunakan Construct 3 Berbasis Android,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 55–60, 2022, doi: 10.59562/intec.v1i2.237.
[8] A. A. Saputra, F. N. Putra, and R. D. R. Yusron, “Pembuatan Game Edukasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Berbasis Android,” J. Autom. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2022.
[9] M. Mujiyanto, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Kata Kerja Aktif Dan Pasif Menggunakan Construct 2,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 2, pp. 185–201, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i2.1851.
[10] KSDA, “Satwa Langka,” Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, 2014. https://ksdae.menlhk.go.id/pencarian-berita.html?q=satwa+langka (accessed May 30, 2024).
Published
2024-07-31
How to Cite
[1]
NurfaisandiM., “RANCANG BANGUN TAMPILAN GAME EDUKASI PENGENALAN SATWA LANGKA MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) BERBASIS ANDROID”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 117-123, Jul. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times