RANCANG BANGUN LABORATORIUM VIRTUAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS ANDROID PADA SISWA MINU JATIREJOYOSO, KABUPATEN MALANG

  • Bagas Widyantoro Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Priska Choirina eknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Bagus Seta Inba Cipta Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
  • Amalia Agung Septarina Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Raden Rahmat, Indonesia
Keywords:
laboratorium virtual IPA, Android, media pembelajaran interaktif, MINU Jatirejoyoso

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Jatirejoyoso yaitu tidak memiliki ruang laboratorium IPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketiadaan ruang laboratorium IPA di MINU Jatirejoyoso, yang menghambat optimalisasi kegiatan praktikum IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi laboratorium virtual IPA berbasis Android sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi literatur. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan model ADDIE dan software Adobe Animate dengan bahasa pemrograman Actionscript 3.0. Pengujian aplikasi dilakukan dengan teknik White-box Testing berbasis Path dan Black-box Testing berbasis Equivalence Partitions. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, dengan 11 keberhasilan dari 11 uji percobaan tanpa kegagalan dengan persentase sebesar 100%. Kesimpulannya, meskipun fasilitas praktikum IPA di MINU Jatirejoyoso masih kurang memadai, siswa tetap dapat melakukan praktikum IPA secara virtual menggunakan aplikasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] K. Muhajarah and M. Sulthon, “Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan,” Justek J. Sains Dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 77–83, 2020.
[2] D. D. Utami, A. Halim, Y. Yusrizal, E. Elisa, and F. Herliana, “Dampak Edmodo berbantuan Laboratorium Virtual terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 8, no. 6, pp. 2987–2994, 2022.
[3] E. A. Subagiono, S. Defi, A. L. M. Rahmah, and A. S. Pratikno, “Analisis penggunaan KIT praktikum IPA sebelum dan sesudah pandemi covid-19 di SDN Demangan 02 Kabupaten Bangkalan,” J. Pendidik. Dasar, vol. 12, no. 1, pp. 177–187.
[4] Y. Khery, P. Pahriah, A. K. Jailani, A. Rizqiana, and N. A. Iswari, “Korelasi Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Kimia Dasar II (Kinetika Reaksi),” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 7, no. 1, pp. 46–53, 2019.
[5] E. Elisa, I. G. Wiratmaja, I. N. P. Nugraha, and K. R. Dantes, “Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Proses Sains Mahasiswa,” J. Indones. Soc. Integr. Chem., vol. 12, no. 2, pp. 55–61, 2020.
[6] W. A. H. Mukti, S. Suherman, and N. Novitasari, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Dasar di Tadris IPA,” IJIS Edu Indones. J. Integr. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 86–98, 2021.
[7] F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian black box pada aplikasi sistem seleksi sales terbaik menggunakan teknik equivalence partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2019.
[8] C. T. Pratala, E. M. Asyer, I. Prayudi, and A. Saifudin, “Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path,” J Inf. Univ Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 111, 2020.
[9] Z. Fatimah, D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan proses sains,” J. Pendidik. Sains Geol. Dan Geofis. Geosci. J., vol. 1, no. 2, 2020.
[10] P. Octafianus, I. A. D. Astuti, and D. Dasmo, “Pengembangan E-Modul Praktikum Virtual Phet Simulation Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis,” SINASIS Semin. Nas. Sains, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2022, Accessed: Jun. 11, 2024. [Online]. Available: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/6042
[11] J. Bata and E. V. B. Anggipranoto, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality untuk Pembelajaran Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar menggunakan Model ADDIE,” JIIP-J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 826–832, 2023.
[12] I. S. Prastyo and H. Hartono, “Pengembangan media pembelajaran dengan adobe animate cc pada materi gerak parabola,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 10, no. 1, pp. 25–35, 2020.
Published
2024-07-31
How to Cite
[1]
WidyantoroB., ChoirinaP., CiptaB. S., and SeptarinaA., “RANCANG BANGUN LABORATORIUM VIRTUAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS ANDROID PADA SISWA MINU JATIREJOYOSO, KABUPATEN MALANG”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 72-79, Jul. 2024.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times