RANCANG BANGUN LABORATORIUM VIRTUAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS ANDROID PADA SISWA MINU JATIREJOYOSO, KABUPATEN MALANG
laboratorium virtual IPA, Android, media pembelajaran interaktif, MINU Jatirejoyoso
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MINU) Jatirejoyoso yaitu tidak memiliki ruang laboratorium IPA. Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan ketiadaan ruang laboratorium IPA di MINU Jatirejoyoso, yang menghambat optimalisasi kegiatan praktikum IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi laboratorium virtual IPA berbasis Android sebagai media pembelajaran interaktif bagi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi literatur. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan model ADDIE dan software Adobe Animate dengan bahasa pemrograman Actionscript 3.0. Pengujian aplikasi dilakukan dengan teknik White-box Testing berbasis Path dan Black-box Testing berbasis Equivalence Partitions. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik, dengan 11 keberhasilan dari 11 uji percobaan tanpa kegagalan dengan persentase sebesar 100%. Kesimpulannya, meskipun fasilitas praktikum IPA di MINU Jatirejoyoso masih kurang memadai, siswa tetap dapat melakukan praktikum IPA secara virtual menggunakan aplikasi ini.
Downloads
References
[2] D. D. Utami, A. Halim, Y. Yusrizal, E. Elisa, and F. Herliana, “Dampak Edmodo berbantuan Laboratorium Virtual terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 8, no. 6, pp. 2987–2994, 2022.
[3] E. A. Subagiono, S. Defi, A. L. M. Rahmah, and A. S. Pratikno, “Analisis penggunaan KIT praktikum IPA sebelum dan sesudah pandemi covid-19 di SDN Demangan 02 Kabupaten Bangkalan,” J. Pendidik. Dasar, vol. 12, no. 1, pp. 177–187.
[4] Y. Khery, P. Pahriah, A. K. Jailani, A. Rizqiana, and N. A. Iswari, “Korelasi Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Praktikum Kimia Dasar II (Kinetika Reaksi),” Hydrog. J. Kependidikan Kim., vol. 7, no. 1, pp. 46–53, 2019.
[5] E. Elisa, I. G. Wiratmaja, I. N. P. Nugraha, and K. R. Dantes, “Pengembangan Laboratorium Virtual Kimia Teknik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Proses Sains Mahasiswa,” J. Indones. Soc. Integr. Chem., vol. 12, no. 2, pp. 55–61, 2020.
[6] W. A. H. Mukti, S. Suherman, and N. Novitasari, “Pengembangan Petunjuk Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran Fisika Dasar di Tadris IPA,” IJIS Edu Indones. J. Integr. Sci. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 86–98, 2021.
[7] F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, and A. Saifudin, “Pengujian black box pada aplikasi sistem seleksi sales terbaik menggunakan teknik equivalence partitions,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 4, pp. 125–130, 2019.
[8] C. T. Pratala, E. M. Asyer, I. Prayudi, and A. Saifudin, “Pengujian White Box pada Aplikasi Cash Flow Berbasis Android Menggunakan Teknik Basis Path,” J Inf. Univ Pamulang, vol. 5, no. 2, p. 111, 2020.
[9] Z. Fatimah, D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, and J. Jamaluddin, “Model inkuiri terbimbing berbantuan laboratorium virtual untuk meningkatkan keterampilan proses sains,” J. Pendidik. Sains Geol. Dan Geofis. Geosci. J., vol. 1, no. 2, 2020.
[10] P. Octafianus, I. A. D. Astuti, and D. Dasmo, “Pengembangan E-Modul Praktikum Virtual Phet Simulation Berbasis Android Pada Materi Listrik Dinamis,” SINASIS Semin. Nas. Sains, vol. 3, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2022, Accessed: Jun. 11, 2024. [Online]. Available: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/6042
[11] J. Bata and E. V. B. Anggipranoto, “Pengembangan Aplikasi Virtual Reality untuk Pembelajaran Bangun Ruang Kelas V Sekolah Dasar menggunakan Model ADDIE,” JIIP-J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 826–832, 2023.
[12] I. S. Prastyo and H. Hartono, “Pengembangan media pembelajaran dengan adobe animate cc pada materi gerak parabola,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, vol. 10, no. 1, pp. 25–35, 2020.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).