PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) PADA DASHBOARD APLIKASI KOPRA MANDIRI (STUDI KASUS BANK LAINNYA)
aplikasi, dashboard, user interface, digital bank
Abstract
Studi ini membahas perancangan User Interface (UI) pada aplikasi Dashboard Bank Mandiri dengan menggunakan metode ADDIE. Tujuannya adalah untuk memudahkan akses informasi keuangan nasabah, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menawarkan fitur-fitur baru. Perancangan aplikasi dilakukan dengan teknologi HTML, CSS, JavaScript, React Js, dan Antd untuk Frontend, serta Java dengan framework spring boot untuk Backend. Evaluasi dilakukan untuk memastikan fitur sesuai dengan kebutuhan dan memberikan manfaat maksimal bagi nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Dashboard Bank Mandiri dengan perancangan UI yang dilakukan berhasil meningkatkan efisiensi akses informasi keuangan nasabah, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Bank Mandiri mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah dan meningkatkan daya saing di era digital ini. Harapannya, hasil penelitian ini akan menjadi dasar untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan keuangan yang inovatif dan berorientasi pada kebutuhan nasabah. Dengan optimalisasi teknologi, Bank Mandiri berhasil memperluas cakupan layanan dan menyajikan fitur-fitur baru yang diapresiasi oleh nasabah.
Downloads
References
[2] Alfeno, S. . S., & Soleman, M. D. (2020). Implementasi Dashboard Informasi Sistem sebagai Model Alat Ukur Tingkat Penjualan PT Sumber Sekar Sejahtera. SISFOTEK GLOBAL, 10(1), 8–12.
[3] Astuti, R. (2009). Pemodelan analisis berorientasi objek dengan use case. Media Informatika, 8(2), 75.
[4] Misbakhul Anwari. (2018). Analisis dan perancangan user interface/user experience dengan metode google design sprint dan A/B testing pada website startup QTAARUF. 160–164.
[5] Profil Perusahaan. (2023). Bankmandiri.Co.Id.
[6] Sulistiawati, & Sulistiani, H. (2018). Perancangan Dashboard Interaktif Penjualan. TEKNO KOMPAK, 12(1), 15–17.
[7] Yuarita, T. G., & Marisa, F. (2017). Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Jurnal Informatika, 3(2), 167–171.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).