PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) PADA DASHBOARD APLIKASI KOPRA MANDIRI (STUDI KASUS BANK LAINNYA)

  • Panji Pratama
  • Dimas Arya Pamungkas Universitas Nusa Putra
  • Anggun Fergina
Keywords:
aplikasi, dashboard, user interface, digital bank

Abstract

Studi ini membahas perancangan User Interface (UI) pada aplikasi Dashboard Bank Mandiri dengan menggunakan metode ADDIE. Tujuannya adalah untuk memudahkan akses informasi keuangan nasabah, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menawarkan fitur-fitur baru. Perancangan aplikasi dilakukan dengan teknologi HTML, CSS, JavaScript, React Js, dan Antd untuk Frontend, serta Java dengan framework spring boot untuk Backend. Evaluasi dilakukan untuk memastikan fitur sesuai dengan kebutuhan dan memberikan manfaat maksimal bagi nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Dashboard Bank Mandiri dengan perancangan UI yang dilakukan berhasil meningkatkan efisiensi akses informasi keuangan nasabah, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Bank Mandiri mampu memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah dan meningkatkan daya saing di era digital ini. Harapannya, hasil penelitian ini akan menjadi dasar untuk terus meningkatkan dan mengembangkan layanan keuangan yang inovatif dan berorientasi pada kebutuhan nasabah. Dengan optimalisasi teknologi, Bank Mandiri berhasil memperluas cakupan layanan dan menyajikan fitur-fitur baru yang diapresiasi oleh nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] A. I. Yunus. (2018). Perancangan Desain User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design ( Ucd ) Pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. J. Teknol. Dan Inform., 95.
[2] Alfeno, S. . S., & Soleman, M. D. (2020). Implementasi Dashboard Informasi Sistem sebagai Model Alat Ukur Tingkat Penjualan PT Sumber Sekar Sejahtera. SISFOTEK GLOBAL, 10(1), 8–12.
[3] Astuti, R. (2009). Pemodelan analisis berorientasi objek dengan use case. Media Informatika, 8(2), 75.
[4] Misbakhul Anwari. (2018). Analisis dan perancangan user interface/user experience dengan metode google design sprint dan A/B testing pada website startup QTAARUF. 160–164.
[5] Profil Perusahaan. (2023). Bankmandiri.Co.Id.
[6] Sulistiawati, & Sulistiani, H. (2018). Perancangan Dashboard Interaktif Penjualan. TEKNO KOMPAK, 12(1), 15–17.
[7] Yuarita, T. G., & Marisa, F. (2017). Perancangan Aplikasi Point of Sales (POS) Berbasis Web Menggunakan Metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem. Jurnal Informatika, 3(2), 167–171.
Published
2023-07-31
How to Cite
[1]
PratamaP., PamungkasD., and FerginaA., “PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) PADA DASHBOARD APLIKASI KOPRA MANDIRI (STUDI KASUS BANK LAINNYA)”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 122-130, Jul. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 471 times
PDF downloaded = 275 times