TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS : PENERAPAN SMART CITY DALAM SISTEM INFORMASI DESA

  • Yan Kurniawan STMIK Tegal
  • Gunawan Gunawan STMIK Tegal
  • Wresti Andriani STMIK Tegal
Keywords:
Smart City, sistem informasi desa, infrastruktur teknologi, aplikasi cerdas, partisipasi masyarakat, keberlanjutan

Abstract

Penerapan konsep Smart City dalam sistem informasi desa telah menjadi fokus utama dalam upaya meningkatkan efisiensi, partisipasi masyarakat, dan keberlanjutan di wilayah pedesaan. Artikel ini menyajikan sebuah tinjauan pustaka sistematis yang bertujuan untuk menggali informasi mengenai penerapan Smart City dalam sistem informasi desa. Tinjauan pustaka ini dilakukan dengan melakukan pencarian dan analisis literatur yang relevan yang telah diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah dan konferensi yang sesuai. Melalui pendekatan ini, kami berhasil mengidentifikasi artikel-artikel yang membahas konsep Smart City, infrastruktur teknologi, aplikasi cerdas, partisipasi masyarakat, keberlanjutan, dan tantangan yang terkait. Meskipun banyak penelitian telah dilakukan tentang implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di desa, namun fungsi TIK masih sebatas sebagai pendorong. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan penting untuk mengisi kekosongan tersebut dengan mengembangkan sebuah model konseptual Smart City dalam Sistem Informasi Desa.

Model konseptual ini dibangun berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan pada jurnal-jurnal yang terpercaya seperti Google Scholar, Emerald Insight, Elsevier, dan IEEE Explore dengan menggunakan kata kunci "smart village", "smart rural", dan "sustainable village". Hasil tinjauan pustaka ini menunjukkan bahwa penerapan Smart City dalam sistem informasi desa memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik, pengelolaan sumber daya, dan kualitas hidup masyarakat desa. Namun, terdapat tantangan seperti kebutuhan akan infrastruktur teknologi yang memadai, ketersediaan akses internet, pemastian privasi dan keamanan data, serta partisipasi masyarakat yang aktif. Artikel ini memberikan gambaran komprehensif tentang penerapan Smart City dalam sistem informasi desa. Diharapkan tinjauan pustaka ini dapat menjadi sumber referensi bagi pembaca dalam memahami manfaat, tantangan, dan peluang yang terkait dengan implementasi Smart City dalam konteks desa. Selain itu, tinjauan pustaka ini juga memberikan dasar yang kuat untuk penelitian dan pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] N. Hadian and T. D. Susanto, “Pengembangan Model Smart Village Indonesia: Systematic Literature Review,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 77–85, 2022, doi: 10.37823/insight.v4i2.234.
[2] Y. Jararweh, S. Otoum, and I. Al Ridhawi, “Trustworthy and sustainable smart city services at the edge,” Sustain. Cities Soc., vol. 62, p. 102394, Nov. 2020, doi: 10.1016/j.scs.2020.102394.
[3] S. Lekamge and A. Marasinghe, “Developing a Smart City Model that Ensures the Optimum Utilization of Existing Resources in Cities of All Sizes,” in 2013 International Conference on Biometrics and Kansei Engineering, 2013, pp. 202–207. doi: 10.1109/ICBAKE.2013.40.
[4] R. S. Wahono, “A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks,” J. Softw. Eng., vol. 1, pp. 1–16, 2007.
[5] B. Kitchenham, O. Pearl Brereton, D. Budgen, M. Turner, J. Bailey, and S. Linkman, “Systematic literature reviews in software engineering – A systematic literature review,” Inf. Softw. Technol., vol. 51, no. 1, pp. 7–15, Jan. 2009, doi: 10.1016/J.INFSOF.2008.09.009.
[6] I. Pemerintahan, D. Negeri, and J. Barat, “Agung Nurrahman DEVELOPMENT OF SUKAPURA VILLAGE TOWARDS SMART VILLAGE pun turut menerapkan smart city dengan mengedepankan pelestarian dengan mengedepankan upaya inovatif dari di Indonesia . Salah satunya melalui program bangsa Indonesia menjadi digital n,” vol. 12, no. 2, pp. 89–109, 2022.
Published
2023-07-31
How to Cite
[1]
KurniawanY., GunawanG., and AndrianiW., “TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS : PENERAPAN SMART CITY DALAM SISTEM INFORMASI DESA”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 101-106, Jul. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 495 times
PDF downloaded = 343 times