IMPLEMENTASI METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS DALAM PENILAIAN KINERJA GURU SMA METHODIST BINJAI

  • Dedi Candro Parulian Sinaga STMIK PELITA NUSANTARA
  • Gunung Juanda Tampubolon STMIK PELITA NUSANTARA
  • Ifanlius Ndruru STMIK PELITA NUSANTARA
Keywords:
Sistem Pendukung Keputusan, Analitycal Hierarchy Process, AHP, Guru.

Abstract

Guru adalah seorang profesional dalam bidang pendidikan yang bertanggung jawab untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan oleh siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Guru adalah orang yang memiliki pengetahuan yang luas dan mampu membagikannya kepada siswa dengan cara yang mudah dipahami. Seorang guru harus memiliki kualifikasi yang memadai, baik dalam bidang akademik maupun profesional, dan harus selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang pendidik. Seorang guru yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, memotivasi siswa, dan menginspirasi mereka untuk belajar dan berkembang secara pribadi dan akademik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian untuk menentukan guru terbaik menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process atau disingkat dengan AHP di salah satu Sekolah Swasta yang ada di Kota Binjai yaitu SMA Methodist Binjai. Dari perhitungan dapat disimpulkan penilaian kinerja guru di SMA Methodist Binjai yang mendapat rangking 1 dengan nilai 0.75. Dengan adanya penelitian dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) ini dapat membantu Pimpinan Yayasan/Kepala Sekolah di SMA Methodist Binjai dalam menentukan guru terbaik disekolah. Sehingga pada saat menentukan guru terbaik lebih cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] F. Frieyadie, “Metode AHP Sebagai Penunjang Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Kerja Karyawan SPBU,” J. TECHNO Nusa Mandiri, vol. 15, no. 1, pp. 63–68, 2018.
[2] A. B. Ii, ““Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) Pada PT. Potech Indo Mandiri",” pp. 1–10, 2018.
[3] R. Sutomo and J.H. S. Ringo, “Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Berprestasi Menggunakan Acuan MBO dan Metode AHP Menggunakan Aplikasi Expert Choice,” J. Ultim., vol. 10, no. 1, pp. 26–33, 2018.
[4] A. Sasongko, I. F. Astuti, and S. Maharani, “Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 2, p.88, 2017.[
[5] N.Narti, S. Sriyadi, N. Rahmayani, and M. Syarif, “Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP,” J. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 143–150, 2019.
[6] W. P. Mustika, M. Mardian, and R. Rinawati, “Analitycal Hierarchy Process Untuk Menganalisa Faktor Pemilihan Web Browser Pada Desktop,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, p. 83, 2018.
[7] A. S. R. M. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Karyawan Terbaik Dengan Metode AHP,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 3, no. 2, p. 119, 2019.
[8] M. Ahp, E. Choice, and P. Subekti, “Penentuan Nilai Hierarki Rancang Bangun Reaktor Pembuat Foaming Agent Pemadam Kebakaran Lahan Gambut,” vol. 13, no. 1, pp. 27–32, 2021.
[9] B. B. Sianipar and D. C. P. Sinaga, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemberian Bonus Berdasarkan Penilaian Kinerja Karyawan Pada Cv.Abc Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (Ahp),” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, p. 118, 2020
[10] A. A. Chamid and A. C. Murti, "Kombinasi Metode AHP dan Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan," Prosiding SNATIF 4 Universitas Muria Kudus, no. 978-602-1180-50-1, pp. 115-119, 2017.
Published
2023-07-31
How to Cite
[1]
SinagaD., TampubolonG., and NdruruI., “IMPLEMENTASI METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS DALAM PENILAIAN KINERJA GURU SMA METHODIST BINJAI”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 91-100, Jul. 2023.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 363 times
PDF downloaded = 116 times

Most read articles by the same author(s)