EVALUASI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERDASARKAN ISO/IEC 25010:2011 PADA SIMAK UNIVERSITAS UNIVERSAL

  • Holong Marisi Simalango Universitas Universal
  • Jimmy Adrian Program Studi Teknik Perangkat Lunak, Universitas Universal
Keywords:
SIMAK UVERS, ISO/IEC 25010: 2011, Kualitas Website

Abstract

Penggunaan website Sistem Informasi Akademik (SIMAK) pada Universitas Universal (UVERS) merupakan kewajiban yang harus dilakukan dimulai masa pandemic covid-19. Keluhan dari mahasiswa terhadap penggunaan SIMAK UVERS dari waktu ke waktu semakin bertambah. Metodologi pencarian data yang digunakan yaitu observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form ke pengguna website baik itu mahasiswa dan dosen yang terdiri lebih dari 30 respon. Butir kuesioner terdiri dari tujuh poin / dimensi yaitu kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, efektifitas dan efisiensi, kepuasan, bebas resiko, dan mencakup keseluruhan. Kesimpulan yang didapat yaitu bahwa rekomendasi yang diberikan terdapat pada bagian kegunaan pada faktor usability, kepuasan pada faktor reliability, efektifitas dan efesiensi pada faktor efisiensi kinerja, dan bebas resiko pada faktor reliability. Hasil penilaian kuesioner bahwa pada dimensi mencakup keseluruhan memiliki nilai rata-rata tertinggi dan masuk ke kategori sangat baik, maka website SIMAK UVERS memiliki keunggulan dalam mengetahui persepsi pengguna akhir berdasarkan dimensi mencakup keseluruhan dari website SIMAK UVERS. Hasil dimensi kepuasan memiliki nilai rata-rata terendah dan masuk ke kategori baik, maka website SIMAK UVERS memiliki kelemahan dalam mengetahui persepsi pengguna akhir berdasarkan dimensi kepuasan dari website SIMAK UVERS. Dari hasil kategori nilai rata-rata rendah dijadikan sebagai patokan dalam perawatan SIMAK UVERS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] R. H. Putra, N. Aprila, F. Marietza, and M. Hatta, “Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Analisis Kredit,” J. Akunt., vol. 10, no. 3, pp. 245–260, 2020, doi: 10.33369/j.akuntansi.10.3.245-260.
[2] J. T. O. Gulo, E. L. Febrianti, and H. M. Simalango, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademi: Modul Sistem Absensi Berbasis Mobile dan Web pada Universitas Universal,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 3, p. 228, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i3.6714.
[3] M. Harun, “EVALUASI KUALITAS PERANGKAT LUNAK DENGAN ISO/IEC 25010:2011 (STUDY KASUS : APLIKASI FIRST AID PADA PLATFORM ANDROID),” J. AKRAB JUARA, vol. 3, no. 3, pp. 53–61, 2018, [Online]. Available: http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/316/248.
[4] D. H. Trenggono, “Perancangan Sistem Peminjaman Berbasis Web Sebagai Media Layanan di Studio Multimedia SMK 2 Sewon,” Skripsi, pp. 10–17, 2014.
[5] N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 107, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23663.
[6] S. J. Hernita, W. Sidik, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh E-Service dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning dengan Moderasi Perceived Value,” Target J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 257–264, 2020, [Online]. Available: https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/1001.
[7] F. Haryani and B. Poniam, “Evaluation of Learning Management System (LMS) Canvas amidst Pandemic: Students’ Perspectives,” Tarbawi J. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. 2, pp. 94–110, 2021, doi: 10.32939/tarbawi.v17i2.935.
[8] A. Goeritno and A. H. Hendrawan, “Implementasi Iso / Iec 27001 : 2013 Untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi ( Smki ) Pada Fakultas Teknik Uika-Bogor,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 8, no. November, pp. 1–5, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/174077-ID-none.pdf.
[9] S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,” Transistor Elektro dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2016.
[10] W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale),” Ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013, [Online]. Available: http://umbidharma.org/jipp.
Published
2022-07-31
How to Cite
[1]
SimalangoH. and AdrianJ., “EVALUASI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERDASARKAN ISO/IEC 25010:2011 PADA SIMAK UNIVERSITAS UNIVERSAL”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 2, pp. 91-98, Jul. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 322 times
PDF downloaded = 184 times