EVALUASI KUALITAS SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERDASARKAN ISO/IEC 25010:2011 PADA SIMAK UNIVERSITAS UNIVERSAL
SIMAK UVERS, ISO/IEC 25010: 2011, Kualitas Website
Abstract
Penggunaan website Sistem Informasi Akademik (SIMAK) pada Universitas Universal (UVERS) merupakan kewajiban yang harus dilakukan dimulai masa pandemic covid-19. Keluhan dari mahasiswa terhadap penggunaan SIMAK UVERS dari waktu ke waktu semakin bertambah. Metodologi pencarian data yang digunakan yaitu observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form ke pengguna website baik itu mahasiswa dan dosen yang terdiri lebih dari 30 respon. Butir kuesioner terdiri dari tujuh poin / dimensi yaitu kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, efektifitas dan efisiensi, kepuasan, bebas resiko, dan mencakup keseluruhan. Kesimpulan yang didapat yaitu bahwa rekomendasi yang diberikan terdapat pada bagian kegunaan pada faktor usability, kepuasan pada faktor reliability, efektifitas dan efesiensi pada faktor efisiensi kinerja, dan bebas resiko pada faktor reliability. Hasil penilaian kuesioner bahwa pada dimensi mencakup keseluruhan memiliki nilai rata-rata tertinggi dan masuk ke kategori sangat baik, maka website SIMAK UVERS memiliki keunggulan dalam mengetahui persepsi pengguna akhir berdasarkan dimensi mencakup keseluruhan dari website SIMAK UVERS. Hasil dimensi kepuasan memiliki nilai rata-rata terendah dan masuk ke kategori baik, maka website SIMAK UVERS memiliki kelemahan dalam mengetahui persepsi pengguna akhir berdasarkan dimensi kepuasan dari website SIMAK UVERS. Dari hasil kategori nilai rata-rata rendah dijadikan sebagai patokan dalam perawatan SIMAK UVERS.
Downloads
References
[2] J. T. O. Gulo, E. L. Febrianti, and H. M. Simalango, “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademi: Modul Sistem Absensi Berbasis Mobile dan Web pada Universitas Universal,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 3, p. 228, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i3.6714.
[3] M. Harun, “EVALUASI KUALITAS PERANGKAT LUNAK DENGAN ISO/IEC 25010:2011 (STUDY KASUS : APLIKASI FIRST AID PADA PLATFORM ANDROID),” J. AKRAB JUARA, vol. 3, no. 3, pp. 53–61, 2018, [Online]. Available: http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/316/248.
[4] D. H. Trenggono, “Perancangan Sistem Peminjaman Berbasis Web Sebagai Media Layanan di Studio Multimedia SMK 2 Sewon,” Skripsi, pp. 10–17, 2014.
[5] N. W. Utami, I. K. R. Arthana, and I. G. M. Darmawiguna, “Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, p. 107, 2020, doi: 10.23887/janapati.v9i1.23663.
[6] S. J. Hernita, W. Sidik, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh E-Service dan Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning dengan Moderasi Perceived Value,” Target J. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 257–264, 2020, [Online]. Available: https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/target/article/view/1001.
[7] F. Haryani and B. Poniam, “Evaluation of Learning Management System (LMS) Canvas amidst Pandemic: Students’ Perspectives,” Tarbawi J. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. 2, pp. 94–110, 2021, doi: 10.32939/tarbawi.v17i2.935.
[8] A. Goeritno and A. H. Hendrawan, “Implementasi Iso / Iec 27001 : 2013 Untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi ( Smki ) Pada Fakultas Teknik Uika-Bogor,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 8, no. November, pp. 1–5, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/174077-ID-none.pdf.
[9] S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,” Transistor Elektro dan Inform., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2016.
[10] W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale),” Ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013, [Online]. Available: http://umbidharma.org/jipp.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in this Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).