PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI DEWAN GURU TENAGA HARIAN LEPAS BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR NEGERI KUNCIRAN 6 KOTA TANGERANG

  • Aji Afriansyah UNIVERSITAS PAMULANG
  • Ari Syaripudin Teknik Informatika, Universitas Pamulang
Keywords:
Attendance System, Web-based Teacher Board Attendance.

Abstract

Pada masa globalisasi saat ini, perkembangan teknologi sudah berjalan dengan sangat pesat. Selaras dengan itu hubungan antara manusia dengan teknologi semakin erat. Sistem infomasi di sekolah merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan untuk mendata kehadiran guru salah satunya adalah penggunaan absensi di Sekolah. Dalam Sekolah Dasar Negeri Kunciran 6 terdapat Guru Tenaga Harian Lepas yang berjumlah 30 orang namun akan tetapi belum adanya sistem yang sangat mendukung untuk kegiatan absensi. Di sekolah ini masih menggunakan sistem absensi secara manual sehingga sering terhambatnya proses rekaptulasi absensi. Tujuan dibuatnya Sistem Informasi Absensi Dewan Guru Tenaga Harian Lepas Berbasis Web Sekolah Dasar Negeri Kunciran 6 Kota Tangerang yakni untuk mempermudah Dewan Guru melakukan absensi. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode Waterfall dan ditambah metode lainnya, seperti metode observasi, studi pustaka dan wawancara. Program pengembangan aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan basis data MySQL sebagai penyimpanan data. Hasil yang diharapkan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar data absensi Guru yang sejauh ini masih dikelola secara manual, kini sistem sudah terkomputerisasi sehingga data absensi Dewan Guru Tenaga Harian Lepas dapat tersimpan menggunakan database dan kegiatan tersebut menjadi lebih efisien, cepat, dan akurat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Mulyanto. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Andry, J. F., Geasela, Y. M., Wailan, A., Matjik, B. A., Kurniawan, A., & Junior, J. (2019). Penggunaan COBIT 4.1 dengan domain me pada sistem informasi absensi (Studi Kasus: Universitas XYZ). Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput, 13(2), 97.
Anggraeni, E. Y. & Irviani, R., 2017. Pengantar Sistem Informasi. 1 penyunt. Yogyakarta: Andi.
Ariani Sukamto, R., & Shalahuddin, M. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung. Informatika.
Bentley, L. D. (2015). Sistems Analysis and Design Methods (6 ed.). (Andi, Trans.) Yogyakarta.
Diana. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI GURU DAN SISWA BERBASIS WEB DI SWEET SCHOOL BATAM. 1-67.
Endra, R. Y., & Aprilita, D. S. (2018). E-Report Berbasis Web Menggunakan
Metode Model View Controller Untuk Mengetahui Peningkatan Perkembangan Prestasi Anak Didik. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 9(1), 5–10. https://doi.org/10.36448/jsit.v9i1.1028
Firliana, R., Rhohman, F., & Purwinanto, R. W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Absensi Dosen Dengan Validasi Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal sains dan Informatika, 4(2), 105-111.
Jannah, E. N., & Arifin, A. Z. (2015). Sistem Informasi Absensi Haul Berbasis Web di Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 1(1), 47-59.
O'Brien, A. (2015). Sistem Informasi Manajemen (9 ed.). (Puspitasari, Ed.) Jakarta Selatan.
Paramita. (2018). PERANCANGAN APLIKASI SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS WEBSITE DENGAN SMS GATEWAY PADA SMK NEGERI 2 JAKARTA.
Pramesti. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA BERBASIS WEB PADA SMA ADITYA KARYA KABUPATEN TANGERANG.
Simonna, Erna. (2009). Definisi Absensi dalam http://simonnaerna.blogspot.com, Accessed 17 April 2013 .
Subiantoro, S., & Sardiarinto, S. (2018). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis Web Studi Kasus: Kantor Kecamatan Purwodadi. Swabumi, 6(2).
Sukrianto, D., & Agustina, S. (2018). PEMANFAATAN SMS GATEWAY PADA SISTEM INFORMASI ABSENSI SISWA DI SMAN 12 PEKANBARU BERBASIS WEB. Jurnal Intra Tech, 2(2), 78-90.
Sutabri, T. (2017). ANALISIS SISTEM INFORMASI. (C. Putri, Ed.) Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Hasibuan, Malayu S.P. (2008).
Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Maps
Published
2022-01-31
How to Cite
[1]
AfriansyahA. and SyaripudinA., “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI DEWAN GURU TENAGA HARIAN LEPAS BERBASIS WEB PADA SEKOLAH DASAR NEGERI KUNCIRAN 6 KOTA TANGERANG”, Biner : Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 17-25, Jan. 2022.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1495 times
PDF downloaded = 1122 times