Strategi Eksistensi Media Lokal Kotomono.Co Di Tengah Maraknya Media Arus Utama Di Pekalongan

Penulis

  • Lia Afi Ana Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.62022/arkana.v4i01.9323

Kata Kunci:

Backlink, Konten, Kontributor, Kotomono.co

Abstrak

Kotomono.co merupakan sebuah media informasi yang memiliki produk jurnalistik berupa opini dan esai. Warna tulisannya sarat akan kritik dan argumen terkait fenomena sosial. Namun kehadirannya di tengah-tengah masyarakat dengan preferensi media yang praktis dan cepat, menuntut kotomono.co untuk dapat mempertahankan eksistensinya di tengah preferensi media yang melekat dalam masyarakat Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh kotomono.co dalam mempertahankan eksistensinya di tengah banyaknya media informasi lain yang lebih populer di Pekalongan. Proses analisa dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa kotomono.co menggunakan strategi isi konten, sebaran kontributor yang luas, eksternal backlink.

Referensi

Antasari, C. and Haidar, N. (2023) ‘the Existence of Women Journalists As Contributors Eksistensi Jurnalis Perempuan Sebagai Kontributor’, Journal of Social and Economics Research, 5(2), pp. 684–689. Available at: https://idm.or.id/JSER/inde.
Ardyan, E. et al. (2023) METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF : Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?id=A8LmEAAAQBAJ.
Ayu, I.W., Zulkarnaen, Z. and Fitriyanto, S. (2022) ‘Budaya Digital Dalam Transformasi Digital Menghadapi Era Society 5.0’, Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), pp. 20–25. Available at: https://doi.org/10.58406/jpml.v5i1.922.
Firmansyah, M., Masrun, M. and Yudha S, I.D.K. (2021) ‘Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif’, Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), pp. 156–159. Available at: https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46.
Guntur, A.M., Unde, A.A. and Hasrullah, H. (2023) ‘Media Mainstream Sebagai Sarana Komunikasi Politik’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), pp. 7307–7310. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2853.
Hanjani, T.A. (2025) ‘CYBERBRANDING DALAM MEMBANGUN IDENTITAS MEDIA’, (1).
Hasyim, N.M. (2021) ‘Bias Pemberitaan Media Online dan Mainstream di Indonesia’, Sahafa Journal of Islamic Communication, 3(2). Available at: https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/sahafa/article/view/5477.
Leksmana, A., Mayasari, M. and Poerana, A.F. (2020) ‘Geliat Konvergensi Media Cetak Lokal’, Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 5(1), pp. 15–33. Available at: https://doi.org/10.33884/commed.v5i1.2486.
Lubis, N.S. and Nasution, M.I.P. (2023) ‘Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat’, KOHESI: Jurnal Multidisplin Saintek, 1(12), pp. 41–50. Available at: https://ejournal.warunayama.org/index.php/kohesi/article/view/1311.
Malatuny, Y.G., Labobar, J. and Labobar, B. (2020) ‘Literasi media: Preferensi warga negara muda di era disrupsi’, Journal of Moral and Civic Education, 4(1), pp. 42–51.
Maryani, E. et al. (2022) ‘Pelatihan Manajemen Media Digital Bagi Praktisi Media Lokal di Era Digital’, Journal of Servite, 2(2), p. 79. Available at: http://dx.doi.org/10.37535/104002220221%0Ahttp://journal.lspr.edu/index.php/servite/article/view/459/201.
Maulida, A.S. et al. (2021) ‘Kata kunci ’:, 1.
Prajarto, Ph.D, P.Y.N., Tania, S.IP., M.A., S. and Purwaningtyas, S.IP., M.A., M.P.F. (2019) ‘Preferensi Informasi dan Perilaku Bermedia Warganet di Akun Instagram Media Informasi Selebritas’, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 16(2), pp. 191–208. Available at: https://doi.org/10.24002/jik.v16i2.1805.
Rezkiana, D., Akbar, M. and Hasmin, M.Y. (2019) ‘Peranan Dewan Pers Dalam Penyelesaian Sengketa Pers Menurut Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers’, Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1), pp. 1647–1657. Available at: https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/view/696.
Samosir, F.T. (2020) ‘ANALISIS PENYEBARAN INFORMASI HOAX DIMEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Mahasiswa Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu)’, Bibliotika, 4(2), pp. 259–267.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-27