Tantangan Dakwah Melalui Media Sosial di Era Media Baru

Penulis

  • Anggit Pamungkas Universitas Islam Negeri Profesor Kyai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Umi Halwati

DOI:

https://doi.org/10.62022/arkana.v2i01.4036

Kata Kunci:

Dakwah, Era Media Baru, Media Sosial

Abstrak

Nilai-nilai Islam yang dikomunikasikan melalui dakwah merupakan nilai-nilai yang dapat bersinggungan dengan perkembangan zaman, salah satunya adalah era digital. Memasuki era digital tak ubahnya terjun ke dalam gemuruh banjir informasi; itu bisa membingungkan dan membuat sulit untuk memahami dunia di sekitar Anda. Di era digital saat ini, dakwah harus cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan populasi yang semakin tertarik dengan "budaya massa". Oleh karena itu, strategi dan metode dakwah yang “terbarukan” dan manusiawi harus diterapkan. "Dakwah" terbarukan melibatkan penyebaran pesan seseorang melalui Internet. Akibatnya, para da'i perlu mengasah kemampuan umatnya dan menguasai teknologi agar dakwah yang mereka sebarkan mutakhir dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Da'i kini memiliki pilihan untuk menggunakan platform media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Instagram untuk menyebarkan pesan dakwah mereka di era modern ini. Internet berperan penting dalam proses dakwah, dan penggunaannya di berbagai platform media baru adalah buktinya. Sebagai hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat ini, ada peluang besar untuk berdakwah. Dakwah di web akan menjadi sumber yang berguna untuk mengangkat, mengkalibrasi ulang, dan mengarahkan kembali kehidupan masyarakat.

Referensi

Arora, A. et al. (2019) ‘Measuring social media influencer index- insights from facebook, Twitter and Instagram’, Journal of Retailing and Consumer Services, 49, pp. 86–101. doi: 10.1016/j.jretconser.2019.03.012.
Choliq, A. (2018) ‘Dakwah melalui Media Sosial Facebook’, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol.16(2), pp. 170–187.
Fauzi, S. and Latief, A. A. (2016) ‘Model Radio Dakwah dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat’, Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), pp. 89–110. doi: 10.15575/tabligh.v1i2.27.
Fitria, R. and Aditia, R. (2019) ‘Prospek dan Tantangan Dakwah Bil Qalam sebagai Metode Komunikasi Dakwah’, Jurnal Ilmiah Syi’ar, 19(2), p. 224. doi: 10.29300/syr.v19i2.2551.
Hamna, D. M. (2018) ‘Konvergensi Media Terhadap Kinerja Jurnalis (Studi Kasus: Fajar Tv Dan Fajar Fm)’, Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), pp. 58–83. doi: 10.24252/jdt.v19i1.5911.
Hanafi, Y. (2014) Dakwah Aktual: Menggugah Rasa, Membangkitkan Jiwa, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Handiki, Y. R. P. and Indrayani, H. (2021) ‘Universalisme Islam: Kemanusiaan dalam Dialog Agama’, Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 22(1). doi: 10.19109/jia.v22i1.9012.
Hardian, N. (2018) ‘Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits’, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, pp. 42–52. doi: 10.15548/al-hikmah.v0i0.92.
Harisah (2019) ‘Revitalisasi Dakwah Pemuda Era 4.0’, Jurnal Dakwah: Media Komunikasi dan Dakwah, 20(1), pp. 1–26. doi: 10.14421/jd.1425.
Iftitah Jafar and Mudzhira Nur Amrullah (2018) ‘Bentuk-Bentuk Pesan Dakwahdalam Kajian Al-Qur’an’, Jurnal Komunikasi Islam, 08, pp. 42–66. Available at: https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.1.
Ilham (2018) ‘Peranan Penyuluh Agama Islam dalam Dakwah Ilham UIN Antasari Banjarmasin’, Jurnal Alhadharah Ilmu Dakwah, 17(33), pp. 49–80.
Khoiruzzaman, W. (2016) ‘Urgensi Dakwah Media Cyber Berbasis Peace Journalism’, Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2). doi: 10.21580/jid.v36.2.1775.
Kholqiana, A., Fauzianin, Q. and Azzahra, S. T. (2020) ‘Representasi Komodifikasi Simbol Religi dalam Iklan Wardah’, Jurnal Audiens, 1(2). doi: 10.18196/ja.12023.
Kustiawan, W. (2019) ‘Perkembangan Teori Komunikasi Kontemporer’, Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam, 6(1), p. 15. doi: 10.37064/jki.v6i1.5517.
Masy’ari, A. (1993) Butir-butir Problematika Dakwah Islamiyah. Surabaya: Bina Ilmu Offset.
Maulana, I. I., Saefullah, C. and Sukayat, T. (2020) ‘Dakwah di Media Sosial pada Channel Youtube Akhyar TV’, Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(3), pp. 258–274. doi: 10.15575/tabligh.v3i3.675.
Pimay, A. and Savitri, F. M. (2021) ‘Dinamika dakwah Islam di era modern’, Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), pp. 43–55. doi: 10.21580/jid.v41.1.7847.
Rajab, M. (2014) ‘Dakwah Dan Tantangannya Dalam Media Teknologi Komunikasi’, Dakwah Tabligh, 15(1), pp. 69–90.
RI, D. A. (2015) Al-Qur’an Terjemahan. Bandung: CV. Darus Sunnah.
Ritonga, M. (2019) ‘Komunikasi Dakwah Zaman Milenial’, Juranal Komunikasi Islam dan Kehumasan, 3(1), pp. 60–77.
Rustandi, R. (2020) ‘Dakwah Komunitas di Pedesaan dalam Perspektif Psikologi Komunikasi’, Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 8(3), pp. 305–326. doi: 10.15575/irsyad.v8i3.2009.
Sucipto, A. D. (2020) ‘Strategi Dakwah dalam Penguatan Ekonomi Umat oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Banyumas’, Jurnal Dakwah, 21(2), pp. 257–280. Available at: http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/1899.
Sulfika, S. (2020) ‘Resepsi Masyarakat Milenial Terhadap Pesan Dakwah Melalui Media Sosial Di Kabupaten Bone’, Jurnal Dakwah Tabligh, 21(2), p. 253. doi: 10.24252/jdt.v21i2.11209.
Suriani, J. (2018) ‘Komunikasi Dakwah di Era Cyber’, An-Nida, 42(1). doi: 10.24014/an-nida.v42i1.9337.
Suroyya, D. (2015) ‘Cyber Dakwah dalam Menghadapi Era Globalisasi’, Jurnal Ilmu Dakwah & Pengembangan Masyarakat, 13(1). Available at: http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/alhikmah/article/view/387.
Syafaruddin, K. and Mahfiroh, N. (2020) ‘Komodifikasi Nilai Islam Dalam Fashion Muslim Di Instagram’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), pp. 8–16. doi: 10.23917/profetika.v21i1.11644.
Syam, N. (2020) ‘Paradigma dan Teori Ilmu Dakwah: Perspektif Sosiologis’, Jurnal Ilmiah Syi’ar, 20(1), p. 1. doi: 10.29300/syr.v20i1.2604.
Tarwiah, S. and Fatoni, U. (2016) ‘Respon Netizen terhadap Dakwah bi al-Qalam K.H. Muhammad Arifin Ilham di Media Sosial’, Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1), pp. 87–104. doi: 10.15575/tabligh.v1i1.21.
Uwes Fatoni, A. N. R. (2018) ‘Pengelolaan Kesan Da’i dalam Kegiatan Dakwah Pemuda Hijrah Uwes Fatoni Annisa Nafisah Rais’, 12(2), pp. 211–222.
Verolyna, D. and Syaputri, I. K. (2021) ‘Cyber Dakwah: Plus Minus Penyiaran Islam Pada Era Disruptif’, Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1). doi: 10.29240/jdk.v6i1.2955.
Watie, E. D. S. (2016) ‘Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media)’, Jurnal The Messenger, 3(2), p. 69. doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.
Zaini, A. (2017) ‘Dakwah dan Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan’, Jurnal Ilmu Dakwah, 37(2), pp. 284–301. Available at: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/dakwah/article/view/2708.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-12