Implikasi Konvergensi Media Terhadap Konsepsi Dan Peran Khalayak

Penulis

  • Dimas Prasetya UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Arditya Prayogi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62022/arkana.v1i02.3468

Kata Kunci:

Khalayak, Konvergensi Media, Media Baru

Abstrak

Perkembangan teknologi komunikasi dan internet telah membawa perubahan yang signifikan dalam cara penyebaran komunikasi dan arus informasi. Selain perubahan teknologi komunikasi, pergeseran era komunikasi massa lama ke era konvergensi media juga berimplikasi pada perubahan konsepsi dan peran pada khalayak. Studi ini menunjukkan bahwa di era konvergensi media, khalayak tidak lagi diposisikan secara pasif melainkan aktif. Khalayak memiliki kebebasan dalam memilih berbagai jenis media dari pilihan yang ada dan khalayak memiliki kebebasan untuk menentukan informasi mana yang akan diakses dan dipercaya. Selain itu, pada era konvergensi media, khalayak tidak hanya diposisikan sebagai konsumen melainkan juga berperan sebagai produsen. Peran produsen membuat partisipasi khalayak menjadi lebih luas dan kompleks karena khalayak turut serta dalam membuat, mengolah, hingga menyebarkan berbagai konten media.

Referensi

Anthony, K.E., dan Sellnow, T.L. (2016). The Role of The Message Convergence Framework in Medical Decision Making. Journal of Health Communication, 21, 249–256.
Anthony, K.E., Sellnow, T.L., dan Millner, A.G. (2013) Message Convergence as a Message-Centered Approach to Analyzing and Improving Risk Communication. Journal of Applied Communication Research, 41(4), 346–364.
Bechmann A, dan Lomborg S. (2013) Mapping Actor Roles in Social Media: Different Perspectives on Value Creation in Theories of User Participation. New Media & Society, 15 (5), 765–781.
Cangara, Hafied. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Carpentier, N., Schrøder, K.C., dan Hallett, L. (Eds.). (2013). Audience Transformations: Shifting Audience Positions in Late Modernity (1st edition). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203523162.
Fisher, Eran. (2015). You Media: Audiencing as Marketing in Social Media. Media Culture and Society, Sage Publication, 37 (1), 50-67.
Grant A.E., dan Wilkinson, J.S. (2009). Understanding Media Convergence: The State of the Field. New York: Oxford University Press.
Gushevinalti, Suminar, P., dan Sunaryanto, H. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi di Era Konvergensi Media. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6 (1), 83-134.
Hamzah, Amir. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.
Karunianingsih, D. A. (2021). Konvergensi Media pada Podcast Radar Jogja Digital Dalam Publikasi Berita dan Perluasan Segmentasi Audiens. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25 (1), 61-80.
Kim, S. J. (2016). A Repertoire Approach to Cross-Platform Media Use Behavior. New Media & Society, 18(3), 353–372. https://doi.org/10.1177/1461444814543162
Livingstone, Sonia. (2004). The Challenge of Changing Audiens: Or, what is the Audience Researcher to do in the Age of internet. European Journal of Communication, 19, 75-85.
McQuail, Denis. (1987). Teori Komunikasi Mass: Suatu Pengantar (Edisi Kedua). Jakarta: Erlangga.
Picone, Ike. (2017). Conceptualizing Media Users Across Media: The Case for 'Media User/User' as Analytical Concepts. Convergence. 23 (4), 378-390.
Ruben, B.D., dan Lea P.S. (2006). Communication and Human Behavior. USA: Pearson Education.
Siswanto. (2017). Efek Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi (ICT) Pada Media Cetak di Era Konvergensi, Jurnal PROSISKO, 4 (1), 21-25.
Sundet, Vilde Schanke, dan Ytreberg, Espen. (2009). Working Notions of Active Audiences: Further Research on the Active Participant in Convergent Media Industries. Convergence, 15 (4), 383-390.
Wahyuni, K.I., Tarifu, L., dan Dilla., S. (2020). Efek Konvergensi Media Online Kendari Pos. Convergence : Jurnal Online Jurnalistik, 2 (2), 20-28
Zhao, X., Xu, S., dan Austin, L.L. (2022). Medium and Source Convergence in Crisis Information Acquisition: Patterns, Antecedents, and Outcomes. New Media & Society, 0(0). https://doi.org/10.1177/14614448221088866.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26