Etika Komunikasi Bisnis dalam Al-Qur'an

Penulis

  • M. Ibnu Naufal Maskuri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.62022/arkana.v1i02.3401

Kata Kunci:

Al-Qur'an, Komunikasi Bisnis, Prinsip Komunikasi

Abstrak

Peneliti disini ingin mengetahui prinsip regulasi komunikasi bisnis dalam menjalankan suatu bisnis berdasarkan ayat-ayat alquran. prinsip regulasi komunikasi bisnis adalah sebuah batasan, sebuah acuan, sebuah metode dalam keberlangsungan proses berbisnis itu terjadi. Tentang apa yang boleh dan tidak boleh ketika menjalankan suatu bisnis, prinsip regulasi komunikasi bisnis menjadi rambu-rambu bagi para pelaku bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat serta memahami betapa pentingnya prinsip regulasi komunikasi bisnis berdasarkan ayat-ayat alquran. untuk metode yang digunakan adalah teknik penelitian kepustakaan dengan melakukan mencari eksplorasi kepustakaan bahan tertulis, baik berupa catatan, buku maupun penelitian sebelumnya. Kutipan dalam penelitian ini bersumber dari sudut pandang profesional para ahli dan penelitian terdahulu yang telah dilakukan serta menjelaskan prinsip regulasi komunikasi bisnis. Hasil dari penelitian ini adalah dalam menjalankan suatu bisnis tentu harus memiliki prinsip regulasi komunikasi bisnis yang ada, dengan demikian usaha bisnispun berkah, lancar, dan mendapat ridho dari Allah SWT. Prinsip regulasi komunikasi binis tercatat pada ayat-ayat alquran diantaranya prinsip regulasi komunikasi bisnis qaulan sadida, qaulan zura, qaulan maisura, dan qaulan layyina. Untuk itu Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan dalam menjalankan prinsip regulasi komunikasi bisnis, seperti mengedepankan customer oriented dan transparansi.

Referensi

Abdurachman, Oemi. 1919. Dasar-Dasar Public Relations. -.
Al-Mushlih, Abdullah, and Shalah Ash-Shawi. 2004. “Fikih Ekonomi Keuangan Islam.” Jakarta: Darul Haq.
Bahri, Saiful. 2020. “INTERNALISASI ENTREPRENEURSHIP DALAM ISLAM.” Radja Republika.
Bernays, Edward L. 1957. Public Relations. University of Oklahoma Press.
Fauroni, Lukman. 2008. Etika Bisnis Dalam Al-Qur’an. Pustaka Pesantren.
Hamama, Syifa, and Dosen IAINU Kebumen. n.d. “KOMUNIKASI BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM.”
Hasan, Golan, Fitri Fitri, Ria Bintan Napitupulu, Muhammad Rizky, and Vina Liesty Indriani. 2022. “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Alcofee Co-Working Space.” Jurnal Mirai Management 7 (1): 185–94.
Husna, Asmaul. 2018. “Strategi Komunikasi Bisnis El-Hanief Dalam Upaya Membranding Usaha Konveksi Pertama Di Banda Aceh.” Jurusan Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Khoerussalim, A, and Bangkit dari Keterpurukan. 2005. “To Be The Moslem Entrepreneur.” Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Mahalizikri, Irawan Fakhrudin. 2018. “Memahami Teks Dan Konteks Tentang Komunikasi Bisnis Dan Hubungannya Dengan Syariah.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 7 (2): 204–22.
Purwanto, Djoko, Yati Sumiharti, and Tulus Sihombing. 1997. Komunikasi Bisnis. Penerbit Erlangga.
Quran, Lajnah Pentashihan Mushaf Al. 2014. “Prinsip-Prinsip Komunikasi Dalam Al Quran, Tafsir Al Quran Tematik.” Amil Pustaka, Jakarta.
Sukirno, Sadono. 2017. Pengantar Bisnis. Prenada Media.
Yusanto, Muhammad Ismail. 2002. Menggagas Bisnis Islami. Gema Insani.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26