PERAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM

  • Rindi Antika Universitas Sains Al-Qur'an
  • iskandar Husen
  • Salis Irvan Fuadi
Keywords:
Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Prestasi Belajar

Abstract

Peranan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas X Di Man 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021”.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas  X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021,  3) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan yang tidak menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model metode Nounquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Wonosobo, sehingga sample penelitiannya yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajran interaktif meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan  pada mata pelajaran SKI kelas X. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada variabel prestasi belajar diperoleh t hitung sebesar 5,64. Hasil tersebut dibandingkan dengan t tabel dengan dk 44 pada taraf signifikansi 5 % (2,015) dan 1% (2,692) sehingga diketahui  baik pada variabel prestasi belajar sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “Ada peningkatan multimedia pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa” dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B.Uno, Hamzah Dan Nina Lamatenggo. 2014. Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran, (Jakarta : Pt. Bumi Aksara.
Balai Pengembangan Multimedia Pembelajaran dan Kebudayaan Kemendikbud. (2014). Karakteristik Media Pembelajaran. Semarang: BPMPK Pustekkom Kemendikbud.
Binanto. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangan. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Darmawan, D. (2014). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Reamaja Rosdakarya.
Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara
M. Miftah. (2015). Peran Dan Fungsi Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Untuk Paud. Jurnal Teknodik (Teknologi Pendidikan), 19(1),49-56. Diunduh dari: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/i dex.php/jurnalteknodik/article/view/145/144
Mohamad Miftah. (2018). Pengembangan Dan Pemanfaatan Multimedia Dalam Pembelajaran Interaktif Jurnal Litbang, 14(2),147-156. Diunduh dari: https://ejurnallitbang.patikab.go.id/index.php/jl/article/view/117/111
Mukminan. (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: FPIPS IKIP Yogyakarta Press.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep Dan Pengembangan. Yogyakarta : UNY Press
Suyanto, M. (2013). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Published
2021-12-31
How to Cite
AntikaR., Husen iskandar, & FuadiS. (2021, December 31). PERAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 1(2), 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v1i2.2415

STATISTICS

Abstract viewed = 153 times
PDF downloaded = 95 times