Analisa Penerapan Keselamatan Kerja Pada Proyek Konstruksi Bangunan Intake Dan Jaringan Pipa Transmisi Keburejo

  • M. Pudji Widodo Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
keselamatan kerja, proyek konstruksi, jaringan pipa transmisi, korelasi, penerapan K3

Abstract

Perkembangan di dunia konstruksi semakin meningkat baik jumlah maupun jenisnya, sehingga potensi bahaya akan lebih besar akibat kerja.  Manusia yang bekerja pada proyek konstruksi tentunya membutuhkan alat yang digunakan untuk melindungi diri agar terhindar dari bahaya yang ada disekitar lapangan proyek. Peralatan yang semakin tua dan tidak layak dioperasikan menimbulkan potensi bahaya apabila masih dipergunakan di lapangan. Secara keseluruhan, baik manusia dan peralatan dalam dunia konstruksi bangunan harus menerapkan prinsip-prinsip manajemen secara lengkap dan utuh, dimana prinsip ini akan mencakup aspek keselamatan kerja.

Penelitian yang saya lakukan tentang penerapan keselamatan kerja dalam proyek konstruksi bangunan intake dan jaringan pipa transmisi keburejo ini dilakukan dengan metode pendekatan analisis deskriptif. Analisis deskriptif adalah penelitian yang melakukan penuturan, analisis, dan mengklasifikasikan data dan informasi yang diperoleh dengan berbagai teknik survey, wawancara, observasi, angket, studi kasus dan lain-lain.

Berdasarkan hasil uji korelasi pada tabel 4.11 maka di dapat nilai koefisien korelasi pearson antara penerapan K3 terhadap kinerja adalah sebesar R=0,668 dan nilai signifikasi (Sig) yang diperoleh sebesar 0,000. Taraf signifikasi yang dipakai adalah (alfa) 0,05. Karena nilai Sig= 0,000 < 0,05 maka signifikan. Hal tersebut berarti ada korelasi antara penerapan K3 terhadap kinerja yang positif. Sedangkan r tabel 0,396 pada jumlah responden sebesar 27. Karena r hitung >  r tabel, maka signifikan. Ini berarti ada korelasi antara penerapan K3 terhadap kinerja yaitu 0,668 > 0,396 yang bernilai poitif. Dengan nilai r tabel = 0,668 bahwa hubungan korelasi dalam pedoman derajat hubungan termasuk kedalam kategori kuat. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi penerapan K3 yang dilakukan maka semakin mudah untuk meningkatkan kinerja proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung : PT Refka Aditama.
Anwar, S. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Arikuntoro, S. 1998. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Barrie, D.S., & Paulson, B.C. 1984. Profesional construction Management. New York McGraw-Hill.
depnakertrans.go.id 2010
Dessler, G. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta : PT INDEKS, Kelompok Gramedia.
Published
2019-06-30
How to Cite
WidodoM. P. (2019, June 30). Analisa Penerapan Keselamatan Kerja Pada Proyek Konstruksi Bangunan Intake Dan Jaringan Pipa Transmisi Keburejo. Teras, 9(2), 1-15. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2113
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 147 times
PDF downloaded = 73 times