Dimensi Uang dalam Penghapusan Dosa: Sebuah Tinjauan Tafsir
Abstract
Isu agama kerap menjadi titik gesekan dalam wacana publik, terutama ketika bersentuhan dengan persoalan sosial yang sensitif. Salah satu topik yang menimbulkan perdebatan adalah gagasan bahwa dosa dapat ditebus dengan uang—terutama dalam kasus zina. Wacana ini, terlepas dari akurasi dan motif di baliknya, menarik untuk ditelaah bukan hanya sebagai respons terhadap kontroversi, melainkan juga sebagai upaya untuk memahami posisi tafsir dalam menjelaskan relasi antara dosa, taubat, dan harta. Tulisan ini bertujuan untuk mengulas dua hal: pertama, benarkah dosa zina dapat ditebus dengan uang? Kedua, bagaimana para mufasir memandang kemungkinan penghapusan dosa melalui harta dalam kerangka tafsir Al-Qur’an? Penelusuran ini menemukan bahwa dosa zina tidak dapat ditebus dengan uang, karena termasuk dalam kategori dosa besar yang memiliki sanksi hukum tersendiri dalam Islam. Penggunaan uang sebagai bentuk penebusan hanya dapat dipertimbangkan setelah pelaku benar-benar menjalani proses taubat yang sah, yakni berhenti dari perbuatan tersebut, menyesalinya, dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya. Bahkan setelah itu, peran uang lebih bersifat sebagai pendukung spiritual dalam bentuk sedekah atau zakat, dan hanya relevan untuk dosa-dosa yang tidak memiliki hukuman tetap seperti zina, pembunuhan, atau minum khamr.
Downloads
References
Abu Zahrah, Muhammad. t.t. Zahrah al-Tafasir. Vol. juz.1. Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi.
Ali al-Shobuni, Muhammad. 1417. Shofwah al-Tafāsir. Vol. Juz 1. Kairo: Dar al-Shābuni.
al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. 2018. Ihya‘ ‘Ulum al-Din. Vol. juz.4. Beirut: Dar al-Fikr.
al-Jauzi, Abdurrahman Abdul. 1422. Zādu al-Masịr Fi ‘Ilmi al-Tafsịr. Juz 2. Beirut: Dar al-Kitāb al-Araby.
al-Jauzy, Ibnu Qayyim. 1998. Takzibu Madayiis Salikin. 2 ed. Dar al-Qutaibah.
al-Maraghi, Ahmad bin Musthafa. 1365. Tafsịr al-Marāghi. Vol. Juz 4. Mesir: Syirkah maktabah wa mathba’ah Musthafa al-bābi.
Al-Maududi, Abu A’la. 1990. Hukum dan konstitusi. Bandung: Mizan.
al-Suyuthi, Jalaluddin. 2002. Lubab al-Nuqul fi Asbab al-Nuzul. Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqafiyah.
al-Syinqity, Muhammad al-Amin. t.t. Adlwā’u al-bayān fiịdlāhi al-quran bi al-Quran. Vol. Juz 8. Beirut: Dār al-Fikr.
al-Zamakhsyari, Mahmud Ibn Umar. 1998. Al-Kashshaf ’an Haqa’iq at-Tanzil wa ’Uyun al-Aqawil fi Wujuh at-Ta’wil. Vol. Juz 2. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.
Ar-Razi, Muhammad ibn Umar ibn al-Husain ibn al-Hasan ibn Ali al-Tamimi al-Bakri al-Thabrastani. 1981M- 1401H. Mafātih al Ghaib. Vol. juz 2. Beirut: Dar al-Fikr.
ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir bin Ghalib al-Amali. 1994. Tafsir Thabari. Vol. juz 12. 1 ed. Beirut: Mu’assasah ar risalah.
Bin Husain, Ahmad. t.t. fathu al-qarib al-mujib. Surabaya: nuru al-huda.
Bin Muhammad, ‘Alauddin Ali. 1415. Lubāb al-takwịl fị ma’ani al-tanzịl. Vol. juz III. Beirut: dar al-kutub al-ilmiyah.
Harahap, Aprilinda Martinondang. 2018. “SOLUSI PENGHAPUSAN DOSA (Konsep Taubat Dalam Pandangan Teologi Islam).” Studia Sosia Religia 1(2). doi:10.51900/ssr.v1i2.6478.
Hawa, Said. 1424. al-Asās Fi al-Tafsịr. Vol. Juz 4. Kairo: Dar al-Sala>m.
Mahmud, Muhammad. t.t. al-Tafsir al-Wadih. Vol. Juz 2. Beirut: Dar al-Jiyl al-Jadid.
Ma’luf, Louis. 2005. Al Munjid. Beirut: Maktabah Ashartiyah.
Mujiruddin. 1430. Umdah al-Rahmān Fi Tafsịr al-Quran. Vol. Juz 3. Beirut: Dar al-Nawādir.
Mushthafa, Ibrahim. 1997. al-Mu’jam al-Wasịth. Teheran: al-Maktubah al Ilmiyyah.
Ravita, Reni. 2023. “Viral Ponpes Al Zaytun Bolehkan Berzina Asalkan Ada Uang Tebusan, Begini Tanggapan Buya Yahya.” https://www.tvonenews.com/berita/nasional/128169-viral-ponpes-al-zaytun-bolehkan-berzina-asalkan-ada-uang-tebusan-begini-tanggapan-buya-yahya.
Tanthowi, Sayyid. 1998. Tafsir al-Wasịth li al-Quran al-Adzịm. Vol. Juz 6. Kairo: Dar Nahdah Misr.
Tim Penyempurnaan Terjemahan Al-Qur’an. 2019. Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, Juz 21-30 Kemenag. 1 ed. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.