Educative Punishment Perspektif Al-Qur`An (Pemaknaan “Pukulan” dalam Q.S. An-Nisa: 34 Paradigma Pendidikan Humanis)

  • Ngarifin Shidiq Universitas Sains Al-Qur`an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Sri Haryanto Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
  • Edi Rohani Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo
Keywords:
Hukuman, Keluarga, Pendidikan Islam, Humanis-Religius

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data riset didapat dari kepustakaan, berupa karya-karya tulis, baik berupa buku, jurnal, artikel ilmiah maupun berita-berita yang sesuai dengan topik studi. Data yang terhimpun kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode Miles and Hubermen. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, verifikasi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian bertujuan untuk memaknai Q.S. An-Nisa: 34 dalam persepektif pendidikan humanis-religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenaan sanksi dan hukuman dalam lingkungan keluarga dan pendidikan tidak bertentangan dengan nilai-nilai religius dan nilai-nilai kemanusiaan, selama hukuman tersebut bertujuan untuk mendidik, tidak berdasar pada kekerasan dan mengandung pelecehan. Pengenaan sanksi dan hukuman dibenarkan dalam pendidikan atas dasar bahwa hukuman tersebut merupakan satu-satunya cara untuk memperbaiki prilaku peserta didik setelah berbagai macam cara yang ditempuh belum dapat menghasilkan perubahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Abdurrahman Saleh. 2005. Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdurrahman, Jamaal. 2005. Athfaal alMuslimin: Kaifa Rabbaahum anNabi al-Amin. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Abidin, Zainal. 2000. Filsafat Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Bernadib, Imam. 1992. Filsafat Pendidikan, Sistem dan Metode. Yogyakarta: Andi Offset.
Gomma, Abla Bassat. 2006. Maharat fiat-Tarbiyyah an-Nafsiyah li Fardin Mutawazin wa Usrah Mutamasikah. Solo: Samudra.
Hidayat, Wahyu. 2008. “Paradigma Pendidikan Humanistik.” JURNAL PENDIDIKAN FAI UNIGA. https://jurnalfai.blogspot.com/2008/ 07/paradigma-pendidikanhumanistik.html.
Irsyadunnas. 2017. Hermeneutika Feminisme dalam Pemikiran Tokoh Islam Kontemporer. Yogyakarta: Calpulis.
Istadi, Irawati. 2005. Agar Hadiah dan Hukuman Efektif. Jakarta: Pustaka Inti.
Kamal, Abu Malik bin Sayyid Salim. 2007. Fikih Sunnah Untuk Wanita. Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat.
Labibah, Umniyatul. 2020. “Redefinisi Nusyûz dengan Pendekatan Maqâṣid Asy-Syarî’ah.” Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum 6(01): 43–56.
an-Nawawi, Abu Zakaria Yahya bin Syaraf. 1992. Raudhah ath-Thalibin wa ’Umdah al-Muftiyyin. ed. Zahir Asy-Syawisy. Beirut-Lebanon: alMaktab al-Islamy.
Purwanto, M. Ngalim. 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Bumi Aksara.
ar-Râzî, Abu Abdillah Muḣammad ibn Umar. 2009. Mafâtiḣ al-Ghaib. Beirut-Lebanon: Dar al-Kutub.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ulwan, Abdullah Nasih. 1994. Tarbiyatul Aulad fil Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
Published
2022-11-01
How to Cite
ShidiqN., HaryantoS. and RohaniE. (2022) “Educative Punishment Perspektif Al-Qur`An (Pemaknaan ‘Pukulan’ dalam Q.S. An-Nisa: 34 Paradigma Pendidikan Humanis)”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 8(2), pp. 201 - 212. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v8i2.4532.

STATISTICS

Abstract viewed = 133 times
PDF downloaded = 125 times