Epistemologi Fikih Indonesia: Nalar Pemikiran Hazairin
Epistemologi, Fikih, khas Keindonesiaan
Abstract
Kajian epistemologi hukum Islam (fikih) membahas sumber, metode dan validitas, tolok ukur atas kebenaran. Secara sosiologis dan kultural, fikih adalah produk hukum yang mengalir dan mengurat akar pada budaya masyarakat. Fikih hadir bersamaan dengan hadirnya ajaran Islam yang kemudian dipraktikkan di masyarakat. Fikih Indonesia sebagai hukum yang memiliki karakter dan ciri keindonesiaan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis dalam kitab perundang-undangan. Sedangkan fikih masih selalu dilekatkan dengan trademark budaya dan tradisi Timur Tengah (Arab). Kondisi sosio-kultural dan setting sejarah Islam di Indonesia, memunculkan wacana dan pemikiran untuk membentuk fikih Indonesia sebagai bentuk pribumisasi atau kontekstualisasi hukum Islam dengan menggunakan sumber dan metode yang beragam. Tulisan ini mencoba memotret dan menganalisis wacana pribumisasi dan konstektualisasi fikih Indonesia dengan kacamata epistemologi hukum Islam melalui pemikiran salah satu pemikiran, pembaru, dan penggagas fikih Indonesia, yaitu Hazairin dan kemudian pemikiran dan gagasannya dikritisi dan dikembangkan kembali dalam rangka transformasi hukum Islam kontemporer dalam bingkai karakter dan budaya khas keindonesiaan. Maka terbangunlah hukum Islam yang modern positif dalam mewujudkan kemaslahatan dan keadilan guna mendapatkan kepastian hukum.
Downloads
References
Abdullah Ahmed An-Na’im, 1994, Dekonstruksi Syari’ah : Wacana Kebebasan Sipil, Hak Asasi Manusia, dan Hubungan Internasional dalam Islam, Yogjakarta : LKiS.
Abdurrahman Wahid, dkk., Kontroversi Pemikiran Islam di Indonesia, PT Remaja Rosdakarya, 1993.
Abbas Hammi Mintaredja, Teori-Teori Epistemologi Common sense, Yogyakarta: Paradigma, 2003.
Abu Ameenah Bilal Philips, Evolusi Fiqih, penerj. Ginus Partadiredja, Sumedang: Anjana Pustaka, 2007.
Achmad El Ghandur, Perspektif Hukum Islam; Sebuah Pengantar, Ma’mun Muhammad Mura’I, penj., Yogyakarta: Pustaka Fahima, 2006.
Achmad Charris Zubair, Dimensi Etik dan Asketik Ilmu Pengetahuan Manusia: Kajian Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Lesfi, 2002.
Ach. Maimun Syamsuddin, Integrasi Multidimensi Agama dan Sains: Analisis Sains Islam Al-Attas dan Mehdi Golshani, Yogyakarta: IRCiSoD, 2012.
Adam Podgorecki dan Chritopher J. Whelan, ed. Pendekatan Sosiologis Terhdap Hukum, penj. Rnc. Widyaningsih dan G. Kartasapoetra, Jakarta: Bina Aksara, 1981.
Adonis, Arkeologi Sejarah-Pemikiran Arab-Islam (Ats-tsabit wa al-Mutahawwil: Bahts fi al-Ibda wa al-Itba ‘inda al-Arab), Vol. 1-2, Yogyakrta: LkiS, 2007.
Ahmad Hasan Ridwan, Irfan Safrudin, Dasar-Dasar Epistemologi Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2011
Alim Roswantoto, Abdul Mustaqim (ed.), Antologi Isu-Isu Global Dalam Kajian Agama dan Filsafat, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kerjasama dengan Penerbit Iden Press, 2010.
Ali Harb, Nalar Kritis Islam Kontemporer, Yogyakarta: IRCiSoD, 2012.
Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2006.
------------, (ed.), Antologi Studi Islam : Teori dan Metodologi, Yogyakarta: Dipa PTA IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2000.
------------, dkk., Mencari Islam: Studi Islam dengan Berbagai Pendekatan, cet. 1, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2000.
------------. Studi Agama: Normativitas atau Historisitas? Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
------------, al-Ta’wil al-Ilmi: Kearah perubahan penafsiran kitab suci . al Jamiah, Th 2001, Vol 39.
------------, Paradigma al-ternatif Pengembangan ushul Fiqh dan Dampaknya pada Fiqh Kontemporer, dalam Ainul Rafiq, (ed), Mazhab Jokja: Menggagas Paradigma Ushul Fiqih Kontemporer, (Yogyakarta: Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Kalijaga dan Arruz Press, 2002.
Asghar Ali Engineer, Islam Masa Kini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Azim Nanji (ed.), Peta Studi Islam Orientalisme dan Arab Baru Kajian Islam di Barat, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.
Agus Moh. Najib, Evolusi Syari’ah: Ikhtiar Mohamoud Mohammad Taha Bagi Pembentukan Hukum Islam Kontemporer, Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2007.
Ahmad Baso, Plesetan Lokalitas Politik Pribumisasi Islam, Jakarta: Desantara, 2002.
Atha’ Mudzhar, M, “Social History Approach to Islamic Law”, Al-Jamiah No. 61, tahun 1998.
Anwar, Samsul , Epistemologi Hukum Islam, Probabilitas dan Kepastian, dalam Kearah filsafat Indonesia (ed). Yudian W Asmin, Yogyakarta: Forum Studi Hukum Islam.Fakultas Syari’ah IAIN Yogyakarta, 1994.
Achmad Gunaryo, Pergumulan Politik dan Hukum Islam ; Reposisi Peradilan Agama dari Peradilan “pupuk bawang” Menuju Peradilanb yang Sesungguhnya, Semarang : Pustaka Pelajar kerjasama dengan Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2006.
Achie Sudiarti Lululima (ed.), Belajar Ajar Tentang Hak Perempuan ; UU No. 7 Tahun 1984, Pengesahan Konvensi Mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskrminasi Terhadap Perempuan, Jakarta : nziad bekerjasama dengan The ConventionWatch, Universitas Indonesia dan Yayasan Obor Indonesia, 2007.
An-Na’im, Abdullah Ahmed, Dekonstruksi Syari’ah: Wacana Kebebasan Sipil, Hak Asasi Manusia dan Hubungan International dalam Islam, terj. Ahmad Suadey dan Amiruddin Arrani, Yogyakarta: LKiS, 1997.
Agus Salim, Perubahan Sosial : Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia, Yogjakarta : Tiara Wacana Yogja, 2002.
A.G.M. Van Melsen, Ilmu Pengetahuan dan Tanggungjawab Kita, penerj. Soejono Soemargono, Jakarta: PT. Gramedia, 1985.
Abdul Ghofur Anshori, Hukum Kewarisan Islam di Indonesia: Eksistensi dan Adaptasi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012.
Al-yasa Abubakar, Ahli Waris Sepertalian Darah: Kajian Perbandingan Terhadap Penalaran Hazairin dan Penalaran Fikih Mazhab, Jakarta: INIS, 1998.
Agus Moh. Najib, Evolusi Syari’ah: Ikhtiar Mohamoud Mohammad Taha Bagi Pembentukan Hukum Islam Kontemporer, Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2007.
Arief, Abd. Salam, Pembaharuan Pemikiran Hukum Islam Antara Fakta dan Realita: Kajian Pemikiran Hukum Syaikh Mahmud Syaltut, Yogyakarta: LESFI, 2003.
Akh. Minhaji, Sejarah Sosial Dalam Studi Islam: Teori, Metodologi, dan Implementasi, Yogyakarta: SUKA Press, 2010.
Ahmad Baso, Plesetan Lokalitas Politik Pribumisasi Islam, Jakarta: Desantara, 2002.
Anwar, Samsul , Epistemologi Hukum Islam, Probabilitas dan Kepastian, dalam Kearah filsafat Indonesia (ed). Yudian W Asmin, Yogyakarta: Forum Kajian Fakultas Syari’ah IAIN Semarang, 2004.
Alo Liliweri, Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2007.
Azim Nanji, (ed.), Peta Studi Islam: Orientalisme dan Arah nBaru Kajian Islam Barat, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.
Ainurrofiq (ed.), “Mazhab Jogya”: Menggagas Paradigma Ushul Fiqh Kontemporer, Yogyakarta: Ar-Ruzz Press dan Fakultas Syari’ah IAIN Suka, 2002.
Abdurrahman Wahid, 1975, Hukum Islam sebagai Penunjang Pembangunan, Prisma No. 4
----------------------. 1983, Salahkah Jika dipribumikan?, Tempo, 16 Juli
---------------------. 1985, Pengembangan Fiqh yang Kontekstual, Pesantren. No. 2 Vol. II
---------------------, 1997, Nilai-nilai Normatif dan reaktualisasi Ajaran Islam. Pengantar untuk Buku Ensiklopedi Ijmak. terj. Sahal Mahfudz dan Mustafa Bisri, Jakarta: Pustaka Firdaus.
Abdul Ghofur Anshori, 2008, Hukum Islam Dinamika dan Perkembangannya di Indonesia, Yogjakarta: Total Kreasi Media.
Ahmad Rafiq, 1998, Kecenderungan PembaharuanPemikiran Hukum Islam di Indonesia tahun 1970-1990-an : sebuah Kajian Metodologi. Laporan Penelitian Individual IAIN Walisango Semarang.
-----------------, 1995, Hukum Islam di Indonesia, Jakarta : RajaGrofindo Persada
-------------- 2001. Pembaruan Hukum Islam di Indonesia, Yogjakarta: Gama Media
Ahmad Zaki Yamani, 1977, Syariat Islam yang Kekal dan Persoalan Masa Kini, terj. M. Sonhaji, Jakarta : PT. Intermasa.
Akh. Minhaji, 1999., Reorientasi Kajian Ushul Fiqh, Al-Jami’ah Journal of Islamic Studies. No. 63/VI.
-----------------, 2001, Ahmad Hassan and Islamic Legal Reform I Indonesia 1887-1958. Yogjakarta : Kurnia Kalam Semesta Press.
Ali Yafie, 1994, Mengganggas Fiqh Sosial, Bandung : Mizan
---------------, 1995, Teologi Sosial, Bandung : Mizan
---------------, 1989, Pemikiran Hukum Islam, dalam Muntaha Azhari dan Abdul Mun’in Saleh (peny), Islam Indonesia Menatap Masa Depan, Jakarta : P3M.
Abu Bakar, Al-Yasa, 1991, Beberapa Teori Penalaran Fiqh dan Penerapannya, Dalam Eddi Rudiana Arif, dkk (ed) Hukum Islam di Indonesia, Bandung : remaja Rosda Karya.
---------------, 1998, Ahli Waris Sepertalian Darah : Kajian Perbandingan Terhadap Penalaran Hazairin dan Penalaran Fikih Mazhab, Jakarta: INIS, 1998.
Amir Syarifuddin, 1990, Pembaharuan Pemikiran dalam Hukum Islam, Padang : Angkasa Raya.
Amrullah Ahmad (ed), 1996, Dimensi Hukum Islam Dalam Sistem Hukum Nasional : Mengenang 65 Tahun Prof. Dr. Bustanil Arifin, Jakarta : Gema Insan Press.
Anderson, J.N.D., 1971., Hukum Islam di Dunia Modern., terj. Machnun Husein, Surabaya : Amapress
Anwar Harjono, 1989. Hukum Islam Keluasan dan Keadilannya, Jakarta : Bulan Bintang.
Beni Ahmad Saebani, Sosiologi Hukum, Bandung: Pustaka Setia, 2007.
Busthanul Arifin, Pelembagaan Hukum Islam di Indonesia; Akar Sejarah, Hambatan dan Prospeknya, Jakarta, Gema Insani Press, 1996.
Cik Hasan Bisri, Kompilasi Hukum Dalam Sistem hukum Nasional, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Dudung Abdurahman (ed.), Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multidisipliner, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.
Endang Saifuddin Anshari, Wawasan Islam; Pokok-pokok Pikiran Tentang Islam dan Ummatnya, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1993.
Esposito, John L., (ed.), Islam: Kekuasaan Pemerintah, Doktrin Imam dan Realitas Sosial, terj. M. Khoirul Anam, Jakarta: Inisiasi Press, 2004
.................., Masa Depan Islam: Antara Tantangan Kemajemukan dan Benturan dengan Barat, Bandung: Mizan, 2010.
................, dan John O. Voll, Tokoh-Kunci Gerakan Islam Kontemporer, penerj., Sugeng Hariyanto, dkk., Jakarta: Pt. RajaGrafindo Persada, 2002.
Harun Nasution, Islam ditinjau dari Berbagai Aspeknya, jilid II, Jakarta: UI Press, 1985.
Mohammad Daud Ali, Hukum Islam; Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum di Indonesia, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995.
Musyrifah Sunanto, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.
Caner Taslaman, Miracle of The Quran: Keajaiban Al-Qur’an Mengungkap Penemuan-penemuan Ilmiah Modern, Bandung: Mizan, 2011.
Fauz Noor, Berpikir seperti Nabi: Perjalanan Menuju Kepasrahan, Yogyakarta: LKiS, 2009.
Faisal Ismail, Pijar-Pijar Islam Pergumulan Kultur dan Struktur, Jakarta: Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, 2002.
Farhad Daftary (ed.), Tradisi-Tradisi Intelektual Islam (Intellectual Traditions in Islam), perjmh, Fuad Jabali, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2001
Franz Magnis-Suseno, Menalar Tuhan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2003.
Haideh Moghissi, Feminisme dan Fundamentalisme Islam (Feminism and Islamic Fundamentalism The Limits f Postmodern Analysis), perj.M. Maufur, Yogykarta: LKiS, 2004.
Hassan Hanafi, Islamologi 1: Dari Teologi Statis ke Anarkis, Yogyakarta: LKiS, 2007.
..................., Islamologi 2: Dari Rasionalisme ke Empirisme, Yogyakarta: LKiS, 2007.
..................., Islamologi 3: Dari Teosentrisme ke Antroposentrisme, Yogyakarta: LKiS, 2007.
Hafidz Hasyim, Watak Peradaban dalam Epistemologi Ibnu Khaldun, Yogyakarta: Pustaka Pelajar kerjasama dengan STAIN Jember Press, 2012.
Harold H. Titus, dkk. Persoalan-persoalan Filsafat ,Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Hidayat, Komaruddin, Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutik, Jakarta: Paramadina, 1996.
Happy Suseno, Ada apa dengan Islamisasi Ilmu? Dalam Groups, Or.id/ Pendidikan Islam PErmail/ Fosi/2003-desember/oooo11.Html.-17.yk, Akses 5 Agustus 2009.
Hasan Tibi, Islam Kebudayaan dan Perubahan Sosial, Yogjakarta : Tiara Wacana Yogja, 1999.
Hazairin, 1973, Demokrasi Pancasila, Jakarta : Tintamas
------------, 1976, Hendak Kemana Hukum Islam, Jakarta : Tintamas
------------, 1981, Tujuh Serangkai tentang Hukum, Jakarta : Bina Aksara
-------------, 1982, Hukum Kewarisan Bilateral menurut Al-Qur’an dan Hadith, Jakarta : Tintamas.
Ilyas Supena dan M. Fauzi, 2002, Dekonstruksi dan Rekonstruksi Hukum Islam, Yogjakarta : Gama Media.
Irwan Abdullah, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Ian G. Barbour, Juru Bicara Tuhan: Antara Sains dan Agama (WhenScience Meets Religion: Enemies, Strangers, or Partners?), Bandung: Mizan, 2002.
………………, Isu Dalam Sains dan Agama (Issue in Science and Religion), Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.
………………, Menemukan Tuhan Dalam Sains Kontemporer dan Agama, Bandung, Mizan, 2005.
Imam Syafi’ie, Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Qur’an: Telaah dan Pendekatan Filsafat Ilmu, Yogyakarta: UII Press bekerjasama dengan Magister Studi Islam UII, 2000.
Iswandar, Dekonstruksi Pemikiran Islam: Idealitas Nilai dan Realitas Empiris, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2003.
Irwan Masduqi, Berislam Secara Toleran: Teologi Kerukunan Umat Beragama, Bandung: Mizan, 2011.
Imam B. Jauhari, Teori Sosial: Proses Islamisasi dalam Sistem Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Iqbal Abdurrauf Saimima, (ed). 1988, Polemik Reaktualisasi Aaran Islam, Jakarta : Pustaka Panjimas.
Jalaluddin Rakhmat, Islam Aktual: Refleksi-Sosial Seorang Cendekiawan Muslim, Bandung: Penerbit Mizan, 1994.
Jujun Suria S Sumantreri, Filsafat Ilmu , Jakarta, Pusat Sinar Harapan, 1993.
Kaelan, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat, Yogyakarta: Paradigma, 2005.
................, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner: Metode Penelitianh Ilmu Agama Interkonektif Interdisipliner Dengan Ilmu Lain, Yogyakarta: Paradigma, 2010.
................, Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner, Yogjakarta : Paragama, 2010.
Khaled M. Abou El Fadl, Atas Nama Tuhan: dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif, perjen, R. Cecep Lukman Yasin, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2004.
Kurnadi Shahab, Sosiologi Pedesaan, Yogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2007.
Kamaruzzman Bustaman-Ahmad, Islam Historis: Dinamika Studi Islam di Indonesia, Yogyakarta: Galang Press, 2002.
Karen Armstrong, Sejarah Tuhan ; Kisah 4000 Tahun Pencari Tuhan dalam Agama-Agama Manusia, Bandung: Mizan Media Utama, 2011.
Kazuo Shimogaki, Kiri antara Islam Modernisme dan Postmodernisme : Telaah Kritis atas Pemikiran Hasan Hanafi, Yogyakarta: LKiS, 1994.
Kuthbuddin Aibak, Teologi Pembacaan Dari Tradisi Pembacaan Paganis Menuju Rabbani, Yogyakarta: Teras, 2009.
Komaruddin Hidayat, Agama Punya Seribu Nyawa, Jakarta: Noura Books, 2012.
......................, Memahami Bahasa Agama: Sebuah Kajian Hermeneutika, Bandung: Mizan, 2011.
Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006.
Koentjoroningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, JakartaL Renika Cipta, 2009.
Leonard Binder, Islam Liberal: Kritik terhadap Ideologi-Ideologi Pembangunan, Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2011.
Munzir Hitami, Revolusi Sejarah Manusia: Pran Rasul sebagai Agen Perubahan, Yogyakarta: LKiS, 2009.
Mohammed “Abed Al-Jabiri, Kritik Kontemporer Filsafat Arab-Islam (Arab-Islamic Philosophy: a Contemporary Critique), alih bahasa, Moch Nur Ichwan, Yogyakarta: Islamika, 2003.
Marcel A. Boisard, Humanisme Dalam Islam, penej. M. Sasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Mansur, Peradaban Islam Dalam Lintasan Sejarah, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2004.
Mehdi Nakosteen, Konstribusi Islam Atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam, Surabaya: Risalah Gusti, 1995.
Muhammad Sa’id Ramadan Al-Buti dan Tayyib Tazini, Finding Islam: Dialog Tradisionalisme-Liberalisme Islam, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007.
Muhyar Fanani, Metode Studi Islam : Aplikasi Sosiologi Pengetahuan Sebagai Cara Pandang, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
................., Fiqh Madani Konstruksi Hukum Islamdi Dunia Modern, Yogyakarta: LKiS, 2010.
Muslim A. Kadir, Ilmu Islam Terapa: Menggagas Paradigma Amali dalam Agama Islam, Yogyakarta: STAIN Kudus berkerjasama dengan Pustaka Pelajar, 2003.
M. Arfan Mu’ammar, Abdul Wahid Hasan (dkk.), Studi Islam Perspektif Insider / Outsider, Yogyakarta: IRCiSod, 2012.
Moh. Fauzan Januri dan Muhammad Alfan, Dialog Pemikiran Timur-Barat, Bandung: Pustaka Setia, 2011.
Moh. Dahlan, Abdullah Ahmed an-Na’im: Epistemologi Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Muhammad Alim, Asas-Asas Negara Hukum Modern Dalam Islam, Yogyakarta: LKiS, 2010.
Mahfudz MD, Moh. Dasar dan Struktur Ketatanegaraan Indonesia, Yogyakarta: UII Press, 2001.
..................., Hukum dan Pilar-Pilar Demokrasi, Yogyakarta: Gama Media Bekerjasama dengan Yayasan Adikarya IKAPI dan The Ford Foundation, 1999.
..................., Pergulatan Politik Hukum di Indonesia, Yogyakarta: Gama Media, 1999.
..................., Demokrasi dan Konstitusi di Indonesia: Studi tentang Integrasi Politik dan Kehidupan Ketatanegaraan, Yoogyakarta: Rineka Cipta, 2000.
……………., et.al. (ed), 1993, Peradilan Agama dan Kompilasi Hukum Islam dalam Tata Hukum di Indonesia. Yogjakarta : UII Press
------------------, 1998, Politik Hukum di Indonesia, Jakarta : LP3ES
Masdar F. Mas’ud, 1991., Agama Keadilan Risalah Zakat (Pajak) Dalam Islam, Jakarta : Pustaka Firdaus
Muslehuddin, Muhammad, Filsafat Islam dan Pemikiran Orientalis, alih bahasa Yudian W. Asmin, Yogyakarta: PT Tiara Wacana, 1997.
Muallim, Amir, dan Yusdani, Konfigurasi pemikiran Hukum Islam, Yogyakarta: UII Press, 2001.
Miska M. Amin, Epistemologi Islam, Pengantar Filsafat pengetahuanIslam (Jakarta: UI Press 1983). Lihat P. Hardono Hadi, “Pengantar”, dalam Knneth T. Gallagher, Epistemologi Fisafat Pengetahuan, disadur Oleh P. Hardono Hadi (Yogyakarta: Kanisius, 1994.
Muhajir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi III, Cet, Ke 8 ,Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998.
Muhdor Ahmad, Ilmu dan Keinginan Tahu ( Epistemologi dalam Filsafat) Bandung: Trigenda Karya, 1994.
M.Arqoun, Nalar Islami dan nalar Modern: Berbagai tantangan dan Jalan BAru, terj. Rahayu S. Hidayat, Jakarta: INIS, 1994.
Muslih, Muhammad, Filsafat Ilmu KAjian atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar, 2004.
Mudhofir Abdullah, Masail al-Fiqhiyyah: Isu-Isu Fikih Kontemporer, Yogyakarta: Teras, 2011.
Marcel A. Boisard, Humanisme Dalam Islam, penerj. H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Munzir Hitami, Revolusi Sejarah Manusia: Peran Rasul Sebagai Agen Perubahan, Yaogyakarta: LKiS, 2009.
Mahsun Fuad, Hukum Islam Indonesia: Dari Nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris, Yogyakarta: LKiS, 2005.
Mansur Fakih, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Masdar F. Mas’udi, “Memahami Ajaran Suci dengan Pendekatan Transformatif”, dalam Iqbal Abdul Rauf Saimina (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.
----------------, Agama Keadilan: Risalah Zakat (Pajak) dalam Islam, Jakarta: P3M, 1991.
----------------, Islam dan Hak-hak Reproduksi Perempuan: Dialog Fiqh Pemberdayaan, Bandung: Mizan, 1997.
Muhammad Syahrur, Tirani Islam: Genealogi Masyarakat dan Negara, penerj. Saifuddin Zuhri, Yogyakarta: LKiS, 2003.
Muhammad ‘Awwamah, Melacak Akar Perbedaan Mazhab: Pengaruh Penggunaan Hadis terhadap Perbedaan Pendapat di Kalangan Ulama Fiqih, penerj. A. Zarkasyi Chumaidy, Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.
Muhammad Roy, Ushul Fiqih Madzhab Aristoteles: Pelacakan Logika Aristoteles Dalam Qiyas Ushul Fiqih, Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004.
M. Ridlwan Nasir, (ed.), Dialektika Islam dengan Problem Kontemporer, Yogjakarta : LkiS dan IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2006.
M. Yatimin Abdullah,. Studi Islam Kontemporer, Jakarta : Penerbit Hamzah, 2006.
Mark R. Woodword, Islam Jawa KesalehanNormatif Versus Kebatinan, Yogjakarta : LKiS, 2006.
Muhammad Muslehuddin, 1991, Filsafat Hukum Islam dan Pemikiran Orientalis., terj. Yudian W. Asmin. Yogjakarta : Tiara Wacana
Muhammad Wahyuni Nafis (ed), 1995, Kontekstualisasi Ajaran Islam : 70 Tahun Prof. Dr. . Munawir Sjadzali. Jakarta : Paramadina-IPHI.
Munawir Sjadzali, 1997, Ijtihad Kemanusiaan, Jakarta : Paramadina
--------------------, 1993, Islam Realitas Baru dan Orientasi Masa Depan Bangsa, Jakarta : UIP
M. Atho Mudzhar, 1993, Fatwa-fatwa Majelis Ulama Indonesia : Sebuah Studi Tentang Pemikiran Hukum Islam di Indonesia 1975 – 1988. Jakarta : INIS.
--------------------, 1998, Membaca Gelombang Ijtihad : Antara Tradisi dan Liberasi, Yogjakarta : Titian Illahi Press.
--------------------, 1998, Pendekatan Stud Islam dalam Teori dan Praktek, Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Muhyar Fanani, 2008, Membumikan Hukum Langit : Nasionalisasi Hukum Islam dan Islamisasi Hukum Nasional Pasca Reformasi, Yogjakarta: Tiara Wacana Yogja.
M. Fahmi, 2005, Islam Transendental Menelusuri Jejak-jejak Pemikiran Islam Kuntowijoyo, Yogjakarta: Pilar Media.
Nasution, Harun, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta: UI Press, 1986,
Nusaibeh, Sari, “Epistemologi” dalam S.H. Nasr dan Oliver Leamen, History of Islamic Philosophy, Vol I .London-New York: Routledge, 1996.
Nasr Hamid Abu-Zayd, Imam Syafi’i: Moderatisme Eklektisisme Arabisme, Yogyakarta: LKiS, 1997
Nurcholish Madjid (ed.), Khazanah Intelektual Islam, Bandung: Bulan Bintang, 1985.
..................., Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Paramadina, 2005.
...................., Islam Universal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
....................., Islam Agama Kemanusiaan: Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia, Jakarta: Paramadina-Dian Rakyat, 2010.
Noor Ahmad, dkk, 2009, Epistemologi Syara’ : Mencari Format Baru Fiqh Indonesia, Semarang : Walisongo Press bekerjasama dengan Pustaka Pelajar.
Nars Hamid Abu Zaid, 1997, Imam Syafi’I : Moderatisme, Eklektisisme, Arabisme., terj. Khoiron Nahdiyyin, Yogjakarta : LKiS
Noeng Muahdjir, 1989., Wahyu dalam Paradigma Penelitian Ilmiah Pluralisme Metodologik : Metodologi Kualitatif. Dalam Taufik Abdllah dan Rusli Karim (ed), Metodologi Penelitian Agama Sebuah Pengantar, Yogjakrta : Tiara Wacana.
--------------------, 1998, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta, Rake Sarasin
…………….., Filsafat Ilmu: Positivisme, PostPositivisme, dan Post-Modernisme, Yogyakarta: Rekasarasin, 1998.
Paul Davies, Membaca Pikiran Tuhan : Dasar-dasar Ilmiah dalam Dunia Rasional (The Mind of God: The Scientific Basis for a Rational World), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Philip K. Hitti, History of the Arabs: Rujukan Induk dan Paling Otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2010.
Ruslami, Masyarakat Kitab dan Dialog Antaragama: Studi Atas Pemikiran Mohmmed Arkoun, Yogyakarta: Yayasan Benteng Negara, 2000.
Ratno Lukito, Tradisi Hukum Indonesia, Yogyakarta: Teras, 2008.
Sabian Utsman, Dasar-Dasar Sosiologi Hukum : Makna Dialog antara Hukum dan Masyarakat, Yogjakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
Sardar, Zainul, Rekayasa Masa Depan Peradaban Muslim, terj. Rahmani Astuti, Bandung: Mizan, 1993.
Sahiron Syamsudin, dkk., 2003, Hermeneutika Al-Qur’an : Mazhab Yogya, Yogjakarta : Islamika.
-----------------, dkk, 2009, Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadits Teori dan Aplikasi- buku 1-2, Yogjakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta.
Satjipto Rahardjo, Sosisologi Hukum; Perkembangan Metode dan Pilihan Masalah, Yogyakarta: Genta Publishing, 2010.
Soerjono Soekanto, Pokok-Pokok Sosiologi Hukum, Jakarta: RajaGrafindo, 2004.
......................, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005.
Sudirman Tebba, Sosiologi Hukum Islam, Yogyakarta: UII Press, 2003.
Taha Jabir al-Alwani, Metodologi Hukum Islam Kontemporer, penerj. Yusdani, Yogyakarta: UII Press, 1994.
Tafsir, Ahmad, Filsafat Umum Akal dan hati Sejak Thales sampai James. Cet VIII Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 1999.
Thohatul Choir, Ahwan Fanani (ed.), Islam Dalam Berbagai Pembacaan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Umar Shihab, t.th., Hukum Islam dan Transpormasi Pemikiran, Semarang : Dina Utama.
Yudian Wahyudi, Islam: Percikan Sejarah, Filsafat, Politik, Hukum, dan Pendidikan, Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2010.
………………., Ushul Fikih Versus Heurmenetika; Membaca Islam Dari Kanada dan Amerika, Yogyakarta: Nawesea Press, 2007.
Abid al Jabiri, M. Bunyah al-Aql al-Araby: Dirasah Tahliliyyah Naqdiyyah Li Nuzum al-Ma’rifah fi as Saqafah al Islamiyyah, Beirut : Markaz Dirasah al Wihdah al-Arabiyah, 1993.
Abdul Hamid A. Abu Sulayman, 1993, Crisis in the Muslim Mind. Alih bahasa Yusuf Talal Delorenzo, Herndon, Virginia : IIIT
---------------. 1989, Islamization of knowledge General Principles and Work Plan, Herndon, Verginia : IIIT
---------------. 1994, Towards and Islamic Theory of Internaional Relation : New Direction for Methodology and Thought. Herndon, Virginia : IIIT
Abdul Wahhab Khalaf, t.t., “ilm Ushul al-Fiqh, Kuwait : Dar al-Qalam
A.A Qadri, Islamic Jurisprudence in The Modern World, Lahore: Asyraf, 1973.
As-Syafi’i , al-Risalah, Kairo: Maktabah Dar al Turats, 1979.
Atha Mudzhar, M, “Social History Approach to Islamic Law”, Al-Jamiah No. 61, tahun 1998.
Rahman, Fazlur, Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: Chicago University Press, 1980.
Hasan, Ahmad, The Early Development of Islamic Jurisprudence, Islamabad: Islamic Research Institute, 1988.
Hamlyan, History of Epistemologi”, dalam Paul Edward, the Encyclopedia of Philosophy, Vol III, 1967.
Ian G. Barbour, Issues in Science and Religion, New York: Harper Torchbook, 1966.
John R. Hinnells (ed.), The Routledge Companion to the Study of Religion, London: Routlede Taylor & Francis Group, 2005.
John L. Esposito, What Everyone Needs to Know About Islam, New York: Oxford University Press, 2002.
Kuhn, Thomas S., The Structure of Scientific Revolutions, Chicago: The University of Chicago Press, 1970.
An-Na’im, Abdullah Ahmed, Toward an Islamic Reformation: Civil Liberties, Human Rights and International Law, Syracuse: Syracuse University Press, 1990.
.................., et.al. (eds.), Human Right and Religious Values: An Uneasy Relationship?, Grand Rapids, Michigan, USA: William B. Eerdmans Publishing Company, 1995.
..................., (ed.), Islamic Family Law in a Changing World: A Global Resouuce Book, New York: Emory University, 2002
Arkoun, Mohammed, Al-Fikr al-Islami: Qira’ah ‘Ilmiyyah, terj. Hasyim Shaleh, Bairut: Markaz al-Inma al-Qawmi, 1987.
......................, Aina Huwa al-Fikr al-Islami al-Mu’ashir, terj, Hasyim Shaleh, Baerut: Dar al-Saqi, 1992.
Berger, PeterL., (ed.) The Desecularization of the World: Resurgent Religion and World Politics, Grand Rapids, Michigan: William B. Eerdmans Publishing Company, 1999.
Bleicher, Josef, Contemporary Hermeneutics; Hermeneutics as Method, Philosophy, and Critique, London: Routledge and Kegan Paul, t.th.
Bosworth, C.E. et.el. (ed.), The Encyclopaedia of Islam: New Edition IX, Leiden: Brill, 1997.
Binder, Leonard, Islamic Liberalism: A Critique of Development Ideologies, Chicago: The University of Chcago Press, 1988.
Cook, Rebecca J., (ed.), Human Rights of Women: National and International Perspectives, Phladelpha: University of Pennsylvania Press, 1994.
Coulson, Noel J., Conflicts and Tensions in Islamic Juriprudence, Chcago: The University of Chcago Press, 1969.
Donohue, Johnj., dan John L. Esposito (eds.), Islam in Transition, New York, Oxford: Oxford Unversity Press, 1982
Esposito, John L., Voices of Resurgent Islam, New York: Oxford University Press, 1983.
......................., The Islamic Threat: Myth or Reality?, Oxford: Oxford University Press, 1992
....................., (ed.), The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World IV, New York: Oxford University Press, 1995.
..................., dan John O. Voll. Islam and Democracy, Oxford: Oxford University Press, 1996
..................., dan John O Voll, Makers of Conte,porary Islam, Oxford: Oxford University Press, 2001
Habermas, Jurgen, Knowledge and Human Interst, Boston : Beacon Press, 1971
....................., The Theory of Communicative Action, Boston:” Beacon Presss, 1984
Hallaq, Weal B., A. History of Islamic Legal Theories: An Introduction to Sunni Ushul Fiqh. Cambridge: University Press, 1997
Hasan Hanafi, Islam in the Modern World: Tradition, Revolution, and Culture jilid 1, Kairo: Anglo, t.th?
....................., Religious Dialogue and Revolution, T.tp: t.p, t.th
Jasser Auda, Maqasid Al-Shariah As Philosophy of Islamic Law: A Systems Aprroach, London: The International Institute of Islamic Thought, 2008