Pandangan Rasyid Ridha tentang Riwayat Isrâ`iliyyât
Isrâ`iliyyât, Rasyid Ridha, Ka’b al-Ka’b al-Akhbâr, Wahb ibn Munabbih
Abstract
Rasyịd Ridȧ merupakan salah seorang pembaharu yang paling berpengaruh, setelah Jamaluddin al-Afgani dan Muhammad Abduh, di kalangan muslim moderat. Secara umum, ide-ide pembaharuan Rasyịd Ridȧ merupakan proyek lanjutan tentang ide pembaharuan yang digagas oleh kedua gurunya tersebut. Proyek besar dari idenya adalah membangkitkan kembali keterpurukan yang dialami oleh umat Islam selama berabad-abad dalam berbagai bidang. Rasyịd Ridȧ merupakan salah seorang pemikir modern yang menjadi motor bagi pergerakan pembaharuan di dunia Islam. Salah satu hal yang menjadi sorotannya adalah banyaknya riwayat isrȧịliyyȧt yang berdar dalam tradisi keilmuan Islam. Riwayat isrȧịliyyȧt merupakan salah satu hal yang disorot oleh Rasyịd Ridȧ karena dianggap memiliki andil dalam terbentuknya mitos-mitos yang menyebar di masyarakat. Kisah dan tradisi yang bersumber dari agama Yahudi dan Nasrani ini banyak dijumpai dalam kitab-kitab hadis dan tafsir al-Qur`an, terutama berkaitan dengan kisah-kisah masa lampau. Artikel ini berusaha mengkaji pandangannya terhadap riwayat isrȧịliyyȧt yang ia tuangkan dalam tulisan-tulisannya, baik dalam Tafsir al-Manȧr maupun dalam artikelnya di Majalah al-Manȧr. Hasil kajian menyimpulkan bahwa Ridȧ menolak dengan tegas eksistensi isrȧịliyyȧt, baik dalam tradisi tafsir maupun hadis. Penolakannya terlihat dari kritikan yang banyak tujukan kepada tokoh-tokoh isrȧịliyyȧt, seperti Ka`b al-Akhbȧr dan Wahb ibn Munabbih, meskipun kedua tokoh tersebut dianggap siqat oleh para kritikus hadis.
Downloads
References
Al-Alụsị, Syihȧb al-Dịn. 1415. Rụh al-Ma`ȧnị, ed. oleh Alị `Abd al-Bȧr `Atiyah. Vol. 8. Beirut: Dȧr al-Kutub al-`Ilmiyyah.
Al-Bukhȧrị, Muhamad Ibn Isma`ịl. 1998. Sahịh Al-Bukhȧrị (Riyadh: Dȧr Al-Afkȧr Al-Dauliyah Li Al-Nasyr.
Al-Bukhȧrị, Muḥammad Ibn Ismȧ`ịl. 2012. Ṣaĥȧh al-Bukhȧrị. editor. Markaz wa al-Buhụṣ wa Taqniyyah al-Ma`lụmȧt, 1 Ed. 1. Vol. 3. Beirut: Dȧr al-Ta`sịl.
Al-Naisaburi, Muslim Ibn al-Hajjaj. 2014. Ṣaĥịh Muslim. editor oleh Markaz wa al-Buhụs wa Taqniyyah al-Ma`lụmȧt. Vol. 4. Beirut: Dȧr al-Ta`sịl.
Al-Żahabị, Muhammad Husain. 2000. al-Tafsịr wa al-Mufassirụn. Vol. 7. Mesir: Maktabah Wahbah.
Al-Żahabị, Muhammad Husain. t.th. Isrȧ`iliyyȧt fi al-Tafsịr wa al-Hadịs, Kairo: Maktabah Wahbiyyah.
Anwar, Rosihan. 1999. Melacak Unsur-unsur Israiliyyat dalam Tafsir al-Thabari dan Tafsir Ibnu Katsir. Bandung: Pustaka Setia.
Farah, N. 2016 Desember. Konsep Ahl Al-Kitab Menurut Pemikiran Rasyid Ridha Dalam Tafsir Al-Manar. Rausyan Fikr, 12(2), 221–249.
Hadi, K. 2013. Pemikiran Politik Rasyid Ridha dalam Fiqh Munakahat. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(2), 221-236.
Harahap, S. M. 2014. Muhammad Rasyid Ridha antara modernisme dan tradisionalisme. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 8(2), 253-268.
Hilmi, A. (2017). PEMIKIRAN MODERN HUKUM ISLAM RASYID RIDHA. Tazkiya, 18(02), 175-204.
Ibrahim Ahmad al-`Adawị, 1964. Rasyịd Ridȧ: al-Imȧm al-Mujtahid. Kairo: Maṫba’ah Miṣr, 1964), 21.
Nurdin, R. 2016. Dekonstruksi Gender Perspektif Rasyid Ridha (Studi Analisis Ayat-Ayat Bias Gender Pada Kitab Tafsir Al-Manār). Tahkim Jurnal Hukum dan Syariah, 7(22), 88-103.
Ramadȧnị, Muhammad ibn Ramadȧn. 1434. Ara` Muhammad Rasyịd Ridȧ fị Qaḍȧyȧ al-Sunnah al-Nabawiyyah min Khilȧli Majallah al-Manȧr: Dirȧsah Tahlịliyyah Naqdiyyah. Riyadh: Maktab Majallah al-Bayȧn.
Ridȧ, Muhammad Rasyịd. 1990. Tafsịr Al-Qur`ȧn Al-Ĥakịm. Vol. 3. Mesir: al-Hai`ah al-Miṣriyyah al-`Ȧmah li al-Kitȧb.
Ridȧ, Rasyịd. 2000. Majalah al-Manȧr. dalam Maktabah Syamilah. Global Islamic Software Company.
Shihab, M. Quraish. 1994. Studi Kritis Tafsir Al-Manȧr. Bandung: Pustaka Hidayah.
Sulaimȧn, Abụ Hasan Muqȧtil Ibn. 1432. Tafsịr Muqȧtil bin Sulaimȧn. Vol. 3. Beirut: Dȧr Ihya`.
Yamin, A. 2006. Konsepsi Muhammad Rasyid Ridha Tentang Syura sebagai Azas Pemerintahan Islam. Kontekstualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 21(1), 37122.