Kajian Kisah Al-Qur`An dalam Pemikiran Muhammad Ahmad Khalafullah (1916 – 1988)
Al-Qur`an, kajian, kisah, sastra.
Abstract
Kajian Al-Qur`an selama ini kurang diperhatikan. Banyak yang mengkaji tentang aspek bukti sejarah tujuannya tidak lain ialah melegitimasi keberadaan kisah-kisah dalam Al-Qur`an sebagai fakta sejarah. Padahal unsur kajian kisah Al-Qur`an tentang ‘ibrah. Sehingga ada salah satu tokoh pemikir Mesir bernama Muhammad Ahmad Khalafullah mencoba menfokuskan kajian pada kisah Al-Qur`an dengan pendekatan sastra. Khalafullah menggungkapkan bahwa kisah dalam Al-Qur`an merupakan sarana/media dalam menjelaskan ajaran dan petunjuk Al-Qur`an. Pada hakikatnya kisah Al-Qur`an bertujuan memberikan petunjuk, bimbingan keagamaan, moral dan norma-norma sosial kemasyarakatan. Terkait kata alhaq/benar yang disematkan pada kisah Al-Qur`an, Khalafullah memahami bahwa kata haqq tersebut bukan benar dalam arti kisah itu nyata terjadi, melainkan benar dalam arti tujuan yang hendak dicapai Al-Qur`an melalui kisah-kisah itu adalah suatu kebenaran, sehingga tidak perlu untuk selalu dicarikan bukti sejarahnya.
Downloads
References
Esposito, John L. (ed.). 1995. The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World. Vol III. New York: Oxford University Press.
Jansen, J.J.G.1997. Diskursus Tafsir Al-Qur’an Modern, terj. Hairus Salim dan Syarif Hidayatullah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Khalafullah, Muḣammad Aḣmad . 2000. al-Fann al-Qasasī fī al-Qur’an al-Karīm. Terj. Zuhairi Misrawi dan Anis Maftukhin. Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah. Jakarta: Paramadina.
Khalafullah, Muḣammad Aḣmad. 1999. al-Fann al-Qasasī fī al-Qur’an al-Karīm. Kairo: Sīnā li al-nasyr.
Al-Khatīb, ‘Abd al-Karīm. 1975. al-Qasas al-Qur’anī fī Mantūqihī wa Mafhūmihī. Kairo: Daral-Ma‘rifah.
Al-Khūlī, Amīn dan Naṣr Ḥāmid Abū Zaid. 2004. Metode Tafsir Sastra Amin al-Khuli Dan Nashr Hamid Abu Zaid, terj. Khairon Mujahid. Yogyakarta: Adab Press IAIN Sunan Kalijaga.
Mansur, Muḣammad. 2006. “Amin al-Khuli dan Pergeseran Paradigma Tafsir al-Qur’an” dalam M. Alfatih Suryadilaga (ed.), Studi Kitab Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: TH Press.
Al-Nafīr, Aḣmad. 2000. al-Insān wa al-Qur’an Wajhan li wajhin. Damaskus: Dār al-Fikr.
Al-Rāzī, Muḣammad Fakhr al-Dīn. 1999. Mafātīh al-Ghaib. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turāts al-‘Arabī.
Ridā, Muḣammad Rasyīd. 1999. Tafsīr al-Manār. Kairo: al-Hai’ah al-Misriyah al-‘āmmah.
Ridhwan, Muḣammad. 2018. Studi Perbandingan Pemikiran Muḣammad Aḣmad Khalafullah dan Muḣammad ‘Abid al-Jabiri tentang Kisah dalam al-Qur’an. Kebayoran Baru: UAI Press.
Salim, Fahmi. 2010. Kritik Terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal. Jakarta: Perspektif.
Setiawan, M. Nur Kholis. 2005. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: Elsaq Press.
Sumaryono, E. 1999. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: penerbit Kanisiua.
Al-Suyūtī, Jalāl al-Dīn. 2002. Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl. Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqāfiyah.