Kajian Kisah Al-Qur`An dalam Pemikiran Muhammad Ahmad Khalafullah (1916 – 1988)

  • Agus Imam Kharomen Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords:
Al-Qur`an, kajian, kisah, sastra.

Abstract

Kajian Al-Qur`an selama ini kurang diperhatikan. Banyak yang mengkaji tentang aspek bukti sejarah tujuannya tidak lain ialah melegitimasi keberadaan kisah-kisah dalam Al-Qur`an sebagai fakta sejarah. Padahal unsur kajian kisah Al-Qur`an tentang ‘ibrah. Sehingga ada salah satu tokoh pemikir Mesir bernama Muhammad Ahmad Khalafullah mencoba menfokuskan kajian pada kisah Al-Qur`an dengan pendekatan sastra. Khalafullah menggungkapkan bahwa kisah dalam Al-Qur`an merupakan sarana/media dalam menjelaskan ajaran dan petunjuk Al-Qur`an. Pada hakikatnya kisah Al-Qur`an bertujuan memberikan petunjuk, bimbingan keagamaan, moral dan norma-norma sosial kemasyarakatan. Terkait kata alhaq/benar yang disematkan pada kisah Al-Qur`an, Khalafullah memahami bahwa kata haqq tersebut bukan benar dalam arti kisah itu nyata terjadi, melainkan benar dalam arti tujuan yang hendak dicapai Al-Qur`an melalui kisah-kisah itu adalah suatu kebenaran, sehingga tidak perlu untuk selalu dicarikan bukti sejarahnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Dimasyqī, Abī al-Fidā’ Ismā‘īl bin Katsīr. 2000. Tafsīr al-Qur’an al-‘Azīm. Kairo: Muassasah Qardabah.
Esposito, John L. (ed.). 1995. The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World. Vol III. New York: Oxford University Press.
Jansen, J.J.G.1997. Diskursus Tafsir Al-Qur’an Modern, terj. Hairus Salim dan Syarif Hidayatullah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Khalafullah, Muḣammad Aḣmad . 2000. al-Fann al-Qasasī fī al-Qur’an al-Karīm. Terj. Zuhairi Misrawi dan Anis Maftukhin. Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah. Jakarta: Paramadina.
Khalafullah, Muḣammad Aḣmad. 1999. al-Fann al-Qasasī fī al-Qur’an al-Karīm. Kairo: Sīnā li al-nasyr.
Al-Khatīb, ‘Abd al-Karīm. 1975. al-Qasas al-Qur’anī fī Mantūqihī wa Mafhūmihī. Kairo: Daral-Ma‘rifah.
Al-Khūlī, Amīn dan Naṣr Ḥāmid Abū Zaid. 2004. Metode Tafsir Sastra Amin al-Khuli Dan Nashr Hamid Abu Zaid, terj. Khairon Mujahid. Yogyakarta: Adab Press IAIN Sunan Kalijaga.
Mansur, Muḣammad. 2006. “Amin al-Khuli dan Pergeseran Paradigma Tafsir al-Qur’an” dalam M. Alfatih Suryadilaga (ed.), Studi Kitab Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: TH Press.
Al-Nafīr, Aḣmad. 2000. al-Insān wa al-Qur’an Wajhan li wajhin. Damaskus: Dār al-Fikr.
Al-Rāzī, Muḣammad Fakhr al-Dīn. 1999. Mafātīh al-Ghaib. Beirut: Dār Ihyā’ al-Turāts al-‘Arabī.
Ridā, Muḣammad Rasyīd. 1999. Tafsīr al-Manār. Kairo: al-Hai’ah al-Misriyah al-‘āmmah.
Ridhwan, Muḣammad. 2018. Studi Perbandingan Pemikiran Muḣammad Aḣmad Khalafullah dan Muḣammad ‘Abid al-Jabiri tentang Kisah dalam al-Qur’an. Kebayoran Baru: UAI Press.
Salim, Fahmi. 2010. Kritik Terhadap Studi Al-Qur’an Kaum Liberal. Jakarta: Perspektif.
Setiawan, M. Nur Kholis. 2005. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: Elsaq Press.
Sumaryono, E. 1999. Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: penerbit Kanisiua.
Al-Suyūtī, Jalāl al-Dīn. 2002. Lubāb al-Nuqūl fī Asbāb al-Nuzūl. Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqāfiyah.
Published
2019-11-01
How to Cite
KharomenA. (2019) “Kajian Kisah Al-Qur`An dalam Pemikiran Muhammad Ahmad Khalafullah (1916 – 1988)”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 5(02), pp. 193 - 204. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v5i02.1191.

STATISTICS

Abstract viewed = 588 times
PDF downloaded = 484 times