Pentingnya Personal Branding: Pembekalan Siswa-Siswi SMK Telekomunikasi Telesandi dalam Menyambut Dunia Kerja
personal branding, soft skill, curriculum vitae
Abstract
Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) ditujukan untuk langsung bekerja setelah lulus. Namun kemampuan teknis (hard skills) saja tidak cukup. Para lulusan perlu dibekali dengan kemampuan soft skills. Mayoritas industri menginginkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang seimbang. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim abdimas memberikan solusi berupa kegiatan sharing session dengan judul “Build Your Personal Brand (Persiapan Untuk Dunia Kerja dan Kuliah)” kepada siswa-siswi SMK Telekomunikasi Telesandi Bekasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan cara membangun personal branding dari curriculum vitae (CV). Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membekali para siswa dengan wawasan terkait soft skills penting yang dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan di era digital saat ini. Kegiatan dihadiri oleh 268 siswa, yang terdiri dari siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pada akhir acara, peserta melakukan pengisian feedback kegiatan melalui kuesioner. Secara keseluruhan siswa merasa puas dengan kegiatan dan setuju bahwa materi yang mereka dapatkan sudah sesuai dengan kebutuhannya. Tim abdimas melihat adanya peluang keberlanjutan program abdimas ini di masa mendatang dan pihak mitra sekolah pun juga terbuka dengan rencana ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.