Pengembangan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Pelatihan Aplikasi Canva di MA Miftahul Ulum Purwakarta

  • Dea Wemona Rahma Telkom University
  • Nanang Cahyadi Telkom University
  • Qilbaaini Effendi Muftikhali Telkom University
  • Rana Zaini Fathiyana Telkom University
  • Nurul Ilmi Telkom University
  • Syifa Nurgaida Yutia Telkom University
  • I Made Raditya Dharma Putra Telkom University
  • Didi Setiadi Telkom University
  • Muhammad Genta Syamsutizar Telkom University
  • Rahma Putri Adelia Rahaguna Telkom University
Keywords:
Pengembangan Kompetensi, Pelatihan Canva, Media Ajar, MA Miftahul Ulum Purwakarta

Abstract

Media ajar yang menarik dan interaktif dalam proses pembelajaran di sekolah maupun madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa. Media ajar yang efektif tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampaian materi, tetapi juga mampu menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh MA Miftahul Ulum adalah adalah rendahnya penguasaan teknologi multimedia di kalangan guru dan tenaga kependidikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim abdimas memberikan solusi berupa pelatihan dengan judul ”Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Digital”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian guru dan tenaga kependidikan dalam memanfaatkan aplikasi desain grafis Canva dalam mendukung kegiatan pembelajaran sehari-hari. Pelatihan dihadiri oleh 15 orang guru dan staf tenaga kependidikan dan berlangsung sekitar 2 jam. Hasil umpan balik dari kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa para peserta merasa puas dengan materi pelatihan yang disampaikan karena sesuai dengan kebutuhan mereka. Para peserta juga puas dengan instruktur pelatihan yang menyampaikan materi. Para peserta merasa mampu mengaplikasikan Canva untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan efektif setelah mengikuti pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)