Logo Destinasi Branding sebagai Representasi Identitas Visual Potensi Wisata Desa Ciasmara

  • Trimalda Nur Fitriati Universitas Telkom
  • Gagas Ezhar Rahmayadi
  • Dwina Satrinia Universitas Telkom
  • Sasmi Hidayatul Yulianing Tyas Universitas Telkom
  • R. Bhima Danniswara Universitas Telkom
  • Siti Zahrotul Fajriyah Universitas Telkom
  • Kukuh Julia Putra Universitas Telkom
  • Akhmad Nabilrizqi Aulia Syakur Universitas Telkom
  • Dhimas Zaki Ergianta Universitas Telkom
Keywords: Desa Wisata, Identitas visual, logo, desa ciasmara, pengabdian masyarakat

Abstract

Desa Ciasmara, Kabupaten Bogor memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan. Namun kurangnya strategi promosi menyebabkan berbagai potensi wisata yang ada kurang diketahui dan diminati masyarat. Sebagai upaya dalam pengembangan potensi wisata Desa Ciasmara, maka tim pengabdian masyarakat ini membantu  Desa dalam perancangan identitas visual berupa logo. Identitas visual digunakan sebagai upaya promosi, guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Metode yang digunakan dalam proses pengabdian masyarakat adalah penyadaran atau peningkatan pemahaman dan pendampingan dalam proses perancangan logo wisata. Kegiatan melibatkan 25 orang warga Desa Ciasmara, sebagai perwakilan dari berbagai sektor yang berkaitan dengan upaya pengembangan potensi wisata. Seperti Kepala Desa, Sekretaris Desa, BUMDEs, Karang Taruna, UMKM, dan pengelola wisata. Proses perancangan berlangsung kurang lebih selama 4 bulan, dan selalu melibatkan perwakilan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan. Diakhir kegiatan, sebagian besar representatif masyarakat merasa puas dengan adanya kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat berlanjut dikemudian hari, agar upaya pengembangan wisata Desa Ciasmara lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-31
Section
Articles