Logo Destinasi Branding sebagai Representasi Identitas Visual Potensi Wisata Desa Ciasmara
Abstract
Desa Ciasmara, Kabupaten Bogor memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan. Namun kurangnya strategi promosi menyebabkan berbagai potensi wisata yang ada kurang diketahui dan diminati masyarat. Sebagai upaya dalam pengembangan potensi wisata Desa Ciasmara, maka tim pengabdian masyarakat ini membantu Desa dalam perancangan identitas visual berupa logo. Identitas visual digunakan sebagai upaya promosi, guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Metode yang digunakan dalam proses pengabdian masyarakat adalah penyadaran atau peningkatan pemahaman dan pendampingan dalam proses perancangan logo wisata. Kegiatan melibatkan 25 orang warga Desa Ciasmara, sebagai perwakilan dari berbagai sektor yang berkaitan dengan upaya pengembangan potensi wisata. Seperti Kepala Desa, Sekretaris Desa, BUMDEs, Karang Taruna, UMKM, dan pengelola wisata. Proses perancangan berlangsung kurang lebih selama 4 bulan, dan selalu melibatkan perwakilan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan. Diakhir kegiatan, sebagian besar representatif masyarakat merasa puas dengan adanya kegiatan ini dan berharap kegiatan serupa dapat berlanjut dikemudian hari, agar upaya pengembangan wisata Desa Ciasmara lebih optimal.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.