Implementasi Metode Simple Additive Weigth (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi

  • Muhamad Fuat Asnawi Universitas Sains Al-Quran
  • M. Alif Muwafiq Baihaqy Universitas Sains Al-Quran
Keywords: Dosen Berprestasi, SPK, Simple Additive Weight

Abstract

Salah satu upaya Universitas Sains Al-Quran dalam meningkatan kualitas dosen adalah dengan memberikan apresiasi kepada dosen yang berprestasi. Penentuan dosen berprestasi dilakukan oleh tim penilai yang dibentuk oleh Lembaga Penjaminan Mutu UNSIQ (LPM UNSIQ). Cara yang dilakukan saat ini untuk menentukan dosen berprestasi adalah melakukan pencatatan penilaian dosen dan dilakukan secara manual. Dalam proses penentuan dosen berprestasi yang selama ini berjalan tidak sesuai terhadap kinerja tridharma dosen. Sehingga dapat menimbulkan kesalahan dalam proses pemilihan. Dalam pemilihan dosen berprestasi perlu didukung oleh Sistem Pendukung Keputusan yang diharapkan dapat membantu Lembaga Penjaminan Mutu UNSIQ dalam pengambil Keputusan untuk penentuan dosen berprestasi. Variable pendukung keputusan adalah kriteria (atribut) yang dinilai dalam mengambil keputusan penentuan dosen berpretasi adalah penilaian mahasiswa, penilaian dosen sejawat, penilaian atasan, kualifikasi pendidikan, penelitian yang dilakukan, pengabdian masyarakat yang dilakukan, pelatihan yang diikuti, jurnal yang dipublikasian, buku yang dipublikasikan. Sistem ini dibangun dengan Metode Simple Additive Weight dan dengan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.
Fithri Diana Laily, Latifah Noor 2012. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemberian Bantuan Usaha Mikro Dengan Metode Simple Additive Weighting. Majalah Ilmiah INFORMATIKA Universitas AKI Semarang.
Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Penerbit PT Grasindo, Jakarta.
Djamain, Y. (2015). Sistem pendukung keputusan penerimaan pegawai baru pt. pln (persero) kantor pusat dengan menggunakan metode simple additive weighting (saw). Jurnal Teknik Informatika, 8(1).
Dwijayadi, I. N. A. A., Wirawan, I. M. A., Kom, S., Cs, M., & Divayana, D. G. H. (2018). Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel Di Kecamatan Buleleng Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) Dan Technique for Others Reference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (ISSN: 2252-9063), 7(1).
Published
2019-09-30
How to Cite
Asnawi, M. and Baihaqy, M. A. (2019) “Implementasi Metode Simple Additive Weigth (SAW) pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Berprestasi”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), pp. 198-205. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.795.
Section
Articles