DeLone dan McLean Model untuk Analisa Keberhasilan Website Resmi Kabupaten Wonosobo

  • Saifu Rohman Universitas Sains Al-Quran
  • Lasimin Lasimin Teknik Informatika, FASTIKOM, UNSIQ
Keywords: DeLone dan McLean, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Pemakaian, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemakai

Abstract

Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi saat ini membawa banyak perubahan didalam kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi di lingkungan pemerintahan yaitu penggunaan website resmi pemerintahan. Saat ini, pemerintahan wonosobo mempunyai website resmi pemerintah wonosobo yang digunakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan kabupaten wonosobo khususnya pemerintahan. Penggunaan teknologi informasi merupakan sebuah investasi yang pada sebagian besar memakan biaya tinggi, maka diperlukan evaluasi. Bentuk evaluasi terhadap website salah satunya adalah dengan mengukur tingkat keberhasilan yang dimodelkan oleh DeLone dan McLean. Dalam melakukan analisis dibutuhkan beberapa variable penelitian. Berdasarkan model kerangka dari pemikiran teoritis maka peneliti menggunakan empat variabel bebas (kualitas system, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian) dan satu variabel terikat (kepuasan pemakai).

References

DeLone, W.H and McLean, E.R (1992).” Information System Success: The Quest for the Dependent Variable.” Information System Research.
DeLone, W.H and McLean, E.R. (2003). “The DeLone and McLeon Model of Information System Success : A Ten Year Update”. Journal of Management Information System.
Mc.Lean Raymond, 2007.”Management Information Systems / 10th ed”, Upper Saddle River; Pearson Education.
A. William J. Doll and G. Torkzadeh, (1988). “The Measurement of End User Computing Satisfaction,” MIS Q.
Husein Umar. (2005), Metode Penelitian Untuk Tesis Dan Bisnis, Jakarta: Grafindo Persada.
Sarwono, Jonathan (2012).”Model-Model Linier dan Non-Linier dalam IBM SPSS 21”. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19”. Universitas Diponegoro, Semarang.
Published
2019-09-30
How to Cite
Rohman, S. and Lasimin, L. (2019) “DeLone dan McLean Model untuk Analisa Keberhasilan Website Resmi Kabupaten Wonosobo”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(3), pp. 191-197. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i3.793.
Section
Articles