APLIKASI DAKWAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

  • Muslim Hidayat Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
  • Saifu Rohman Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords: aplikasi dakwah, android, user centered design.

Abstract

Teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah, agar tercipta nilai tambah pada bidang dakwah, dibangunlah sebuah aplikasi dakwah berbasis android yang berfokus pada pengguna dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD) dimana dari proses perancangan sampai pada implementasi aplikasi melibatkan pengguna yang sekaligus menjadi responden dalam penelitian ini. Responden dalam penelitian adalah santri dan ustadz atau ustadzah di pondok pesantren di wilayah kecamatan Mojotengah kabupaten Wonosobo.

Aplikasi dakwah berbasis android yang telah dibangun dengan menerapkan metode User Centered Design (UCD) ini mendapatkan hasil yang cukup memuaskan karena sebagian besar responden (pengguna) menyatakan setuju dan puas dengan antarmuka dan fungsionalitas dari aplikasi tersebut, yang telah memenuhi kriteria usability atau ketergunaannya yaitu sebesar 78,6%. Hasil tersebut didapat dari kuisioner yang telah dilakukan ketika pengujian aplikasi yang telah dibangun.

References

Amborowati, A., 2012. Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD ( User Centered Design ). STMIK AMIKOM.

Solihin. 2010. Aplikasi Fungsi Manajemen Dakwah pada Program Siaran Agama Islam PT. CIPTA TPI.

Akay, Yuri Vanli, Alb Joko Santoso, dan FL Sapty Rahayu. 2016. Metode User Centered Design (UCD) Dalam Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Tindak Kriminalitas (Studi Kasus: Kota Manado). Prosiding Seminar Nasional ReTII.

Kadir, A. 2013. Pemrograman Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi Offset.Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Published
2018-09-30
How to Cite
Hidayat, M. and Rohman, S. (2018) “APLIKASI DAKWAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(3), pp. 354-360. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i3.484.
Section
Articles