PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH MENGGUNAKAN FASILITAS BERBAGI ONLINE

  • Yuli Astuti Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Novikasari Kusumarini Program Studi Manajemen Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Lilis Dwi Farida Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta
Keywords:
Berbagi online, Google Drive, Pemakaian Bersama

Abstract

SDIT Baitussalam 2 dalam pengolahan data administrasi sekolah untuk pemakaian bersama masih disimpan pada flashdisk pribadi dan dokumen cetak yang rentan rusak, hilang atau lupa, serta guru wali kelas dalam mengolah nilai memiliki kendala harus menunggu nilai dari masing-masing guru mapel memberikan datanya secara langsung, sehingga sangat menghambat pekerjaan wali kelas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diberikan solusi diadakan pelatihan atau workshop pemanfaatan fasilitas berbagi online menggunakan Google Drive agar data pemakaian bersama bisa digunakan dengan maksimal dan bisa dikerjakan secara bersama dkiwaktu yang sama.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja Guru SDIT Baitussalam 2 Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan soal pretest kemudian memberikan materi pelatihan dan selanjutnya memberikan soal posttest denga nisi soal sama dengan pretest. Hasil atau Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman serta ketrampilan guru dilihat dari hasil pretest dan posttestnya kemudian dihitung menggunakan skala likert. Dari hasil Perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa guru pada SDIT Baitussalam 2 belum sepenuhnya bisa menggunakan fasilitas berbagi online menggunakan google drive dengan dengan faktor penghambat akses internet yang ada sering mengalami down sehinnga peserta mengalami kesulitan saat mempraktekkan materi pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin SDIT Baitussalam 2, “Profile SDIT Baitussalam 2,” http://www.sditbaitussalam2.sch.id/. [Online]. Available: http://www.sditbaitussalam2.sch.id/.

Anonim, “MENGETAHUI TENTANG FILE SHARING: PENGERTIAN, METODE, DAN MANFAATNYA,” www.baktikominfo.id, 2019. [Online]. Available: https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/mengetahui_tentang_file_sharing_pengertian_metode_dan_manfaatnya-703. [Accessed: 20-Jul-2019].

Sugiyono, Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Zakaria, “Pengertian Google Drive Beserta Fungsi dan Fitur Google Drive yang Perlu Diketahui,” www.nesabamedia.com, 2019. [Online]. Available: https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-google-drive/. [Accessed: 20-Jul-2019].
Published
2020-05-30
How to Cite
AstutiY., KusumariniN. and FaridaL. (2020) “PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH MENGGUNAKAN FASILITAS BERBAGI ONLINE”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(2), pp. 128-133. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i2.776.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times