Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender
e-commerce, pengetahuan kewirausahaan, gender, minat mahasiswa berwirausaha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti mengenai pengaruh e-commerce, pengetahuan kewirausahaan, gender terhadap minat mahasiswa berwirausaha.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al-Qur’an. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan teknik kuesioner. Data yang digunakan menggunakan data primer yang didapat dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada 189 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa e-commerce berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa berwirausaha, pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa berwirausaha, gender tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berwirausaha.
Downloads
References
Ardiyani, Ni Putu Febi. 2016. Pengaruh Sikap, Pendidikan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen. Universitas Udayana.
Barlin Barlin. 2011. Pengaruh Latarbelakang Pendidikan dan Gender terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Andalas. Skripsi. Universitas Andalas Padang.
Dewa Ayu Anggi Pramiswari. 2017. Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Berwirausaha. Skripsi S1. Universitas Udayana Bali.
Diyah Chandra Kartika Sari dan Setya Chandra Wibawa. 2017. Pengaruh Penggunaan E-Commerce dalam Proses Penjualan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri Ngraho. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal IT-EDU Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017 16-23.
Dorris Yadewanil dan Reni Wijaya. 2017. Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha. E-Jurnal. AMIK Jayanusa Padang. Vol. 1 No. 1 (2017) 64-69.
Eka Apriliyanty. 2012. Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Pengetahuan Kwirausahaan dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK. SMK Muhammadiyah Pangkalam Bun, Kalimantan Tengah.
Emil Fuadi. 2014. Perbedaan Gender dalam Pengambilan Keputusan Menjadi Wirausaha Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota pekanbaru. Skripsi S1. UIN SUKAS Riau.
Iin Seprina, Heri Suroyo dan Dinny Komalasari. 2017. Motivasi Penggunaan E-Commerce dalam Berwirausaha pada Siswa SMK Bina Jaya.E-Jurnal. Universitas Bina Darma.
Imam Ghozali. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit UNDIP. Semarang.
Indah Yunilasari dan Raharjdo. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Gender dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa. Universitas Diponegoro. E-jurnal. UNDIP. Vol.5. No.3. Tahun 2016, Hal 1-11 :2337-3792.
Indah Yunilasari. 2016. Analisis Pengaruh Faktor Gender dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa. Skripsi S1 Universitas Diponegoro.
Kaukab, M.E., 2019. Implementasi Activity-Based Costing Pada UMKM. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 2(1), pp.69-78.
Latifah dan Nurmalasari. 2013. Analisis Pengaruh Mata Kuliah Entrepreneurship terhadap Minat Mahasiswa Dalam berwirausaha (Studi Kasus: Amik “BSI PONTIANAK”). Jurnal Khatulistiwa Informatika. AMIK BSI Pontianak. Vol. 1. No. 1 Desember 2013.
Nangimah. 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, locus Of Control, Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi S1. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.
Nurrus Sofi, Rois Arifin dan A agus Priyono. 2017. Pengaruh E-Commerce Strategy, Servis Performance dan kepuasan sebagai moderating variable terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Unisma Malang. E-Jurnal. Universitas Malang.
Purwanto, H. and Trihudiyatmanto, M., 2018. Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra UMKM Carica di Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), pp.42-52.
Reny Yuniasanti dan Santi Esterlita. 2014. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Mercu buana Yogyakarta.E-Jurnal. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.