PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DESA RAKIT BANJARNEGARA MELALUI KEGIATAN MENANAM LAHAN TIDUR HALAMAN RUMAH

  • Sarno Sarno Program Studi Agroteknologi, Politeknik Banjarnegara
Keywords:
pemberdayaan, kelompok wanita tani, banjarnegara, lahan tidur, halaman rumah

Abstract

Kegiatan menanam lahan tidur halaman rumah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh kelompok wanita tani Desa Rakit Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara.Kegiatan tersebut dilakukan melalui konsep pemanfaatan dan optimalisasi serta pengembangan budidaya sayuran organik berbasis ramah lingkungan.Permasalahan utama yang dihadapi adalah minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pemanfaatan lahan tidur halaman rumah.Mayoritas masyarakat selama ini masih membiarkan lahan tidur halaman rumah kosong atau tidak dimanfaatkan.Tujuan kegiatan diarahkan pada peningkatan kualitas kesehatan akan kebutuhan gizi keluarga. Selain itu ditujukan untuk membantu peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pendidikan masyarakat dan pelatihan yang ditujukan kepada kelompok wanita tani.Pendidikan masyarakat dilakukan melalui kegiatan penyuluhan tentang teknik budidaya sayuran organik dengan optimalisasi dan pemanfaatan lahan tidur halaman rumah, teknik penanganan pascapanen dan strategi bauran pemasaran produk sayuran organik .Pelatihan berupa demonstrasi langsung atau praktik menanam lahan tidur halaman rumah dengan budidaya dan penanganan pascapanen sayuran organik dan pembuatan pestisida nabati.Kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani tersebut memberikan manfaat berupa peningkatan pengetahuandan kesadaran kelompok akan pentingnya pemanfaatan lahan tidur halaman rumah yang bersih, sehat dan ramah lingkungan. Selain itu memberikan manfaat adanya peningkatan keterampilan kelompok dalam penerapan teknik budidaya dan penanganan pascapanen sayuran organik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, 2011.Peluang Usaha dari Kerajinan Bambu.STMIK Amikom Yogyakarta.

Bappenas,2011, Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan.Ekonomi Indonesia.

BPS Kab. Banjarnegara. 2015. Kecamatan Rakit Dalam Angka 2015. Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara. http://banjarnegarakab.bps.go.id. Diakses 23 Februari 2018.

BPTP Balitbang NTB, 2011. Pembuatan Pestisida Nabati. http://ntb.litbang.pertanian.go.id. Diakses 25 Februari 2018.

Diniaty, D, Agusrinal.2014. Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan.Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 11, No. 2, Juni 2014, pp. 175 184. Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau.

Gusniwati, Antoni Dedy, 2015. Budidaya Sayuran Organik di Dusun Sidodadi dan Dusun Suka Maju Dengan Menggunakan Kompos Berbasis Mol Rebungcot.Jurnal Pengabdian pada Masyarakat. Volume 30, Nomor 2 April 2015. Fakultas Pertanian. Universitas Jambi.

Hermawan, Haris, 2015. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria di Jember. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 1 No. 2 Desember 2015. Universitas Muhammadiyah Jember.

Pangerang,2013.Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Sumber Pangan Keluarga. http://budidayaagronomispertanian.blogspot.co.id. Diakses 24 Februari 2018.

Saptana, dan Kurnia Suci, I., 2006. Mewujudkan Keunggulan Kompetitif Menjadi Keunggulan Kompetitif Melalui Pengembangan Kemitraan Usaha Hortikultura.Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan. Puslitbang Departemen Pertanian. Jakarta.

Sarno, Lukmanul H, Eko Apriliyanto. 2016. IbM Kelompok Wanita Tani Desa Rakit Banjarnegara Dalam Mengembangkan dan Mengolah Sayuran Organik Melalui Penerapan Teknologi Diversifikasi Produk. Laporan Mono Tahun Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Politeknik Banjarnegara. Banjarnegara.

Syahza.A., (2004). Kelapa Sawit dan Kesejahteraan Petani di Pedesaan, dalam Perspektif, Jurnal Fakultas Ekonomi, Vol 9 No 2, Desember 2004, hal 95-103. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Syahza.A, (2007). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Ekonomi Pedesaan Berbasis Agribisnis di Daerah Riau, Lembaga Penelitian Universitas Riau, Pekanbaru.

Selang, Christian A.D, 2013.Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 71-80.Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Supriadi, 2013.Optimasi Pemanfaatan Beragam Jenis Pestisida Untuk Mengendalikan Hama dan Penyakit Tanaman.Jurnal Litbang Pertanian. Vol. 32 No. 1 Maret 2013: 1-9. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Departemen Pertanian. Jakarta.

Wibhawa, B, Sahadi H, Agus WR, Budi M.T, Maulana I, Binahayati.2017.Pengembangan Produktivitas Pengrajin Bambu Melalui Pelatihan Olahan Aneka Kerajinan Bambu di Desa Genteng Kec. Sukasari Sumedang. Jurnal Penelitian & PPM. Vol 4, No: 2 Hal: 129 389.Universitas Padjadajaran.

Tampubolon, SMH. 2002. Sistem dan Usaha Agribisnis. IPB, Bogor. 151 hal.
Published
2018-05-30
How to Cite
SarnoS. (2018) “PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DESA RAKIT BANJARNEGARA MELALUI KEGIATAN MENANAM LAHAN TIDUR HALAMAN RUMAH”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 5(2), pp. 188-197. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i2.463.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 5 times