PENGARUH HIGHER EDUCATION PERFORMANCE (HEDPERF) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS SAINS AL QURAN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

  • Awaludin Ahmad Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
  • Ulin Nikmah Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo
Keywords:
HEDPERF (Higher Education Performance), Kepuasan Mahasiswa (student satisfactions)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa dengan menggunakan instrumen HEDPERF (Higher Education Performance). Data penelitian didapatkan dari 100 responden yang berstatus sebagai mahasiswa aktif Universitas Sains Al- Quran (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo tahun 2016. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yakni Non-Academic Aspects, Academic Aspect, Reputations, Access Dan Program Issues dan variabel terikat yang digunakan adalah kepuasan mahasiswa (student satisfaction). Hasil analisis data menunjukkan kelima variabel bebas tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (student satisfactions) Universitas Sains Al-Quran secara parsial dan simultan dengan koefisien determinasi sebesar 84,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Firdaus. 2005. The development of HEdPERF: a new measuring instrument of service quality for higher education, International Journal of Consumer Studies, online publication, 20 October.

Abdullah, Firdaus. 2006. Measuring Service Quality In Higher Education : HEDPERF Versus SERVPERF . Journal marketing intelligence & planning vol 24. No.1 31-47Administrative Departments of Private Universities in Thailand. ABAC Journal 24 (3):20-46.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : Penaku.

Brocado.A & Marques.R.2007. Comparing alternative instrument to measure service quality in higher education. Research Work In Progress No.258 2007.FEP Working Papers.Faculdade De Economia Do Porto Universidade Tecnica De Lisboa Diedericks, Rita. 2012. Students Perceptions Of Service Quality At Two South African Higher Education Institutions. Desrertation . S3. Vaal Triangle Campus Of The North-West University.

Daft, Richard L. 2006. Manajemen.Edisi keenam. Jakarta: Salemba empat

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam. 2012.Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Undip.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonometri Dasar.Terjemahan: Sumarno Zain. Jakarta: Erlangga

Jonathan, Sarwono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Kasmadi & Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Kotler, Philip. 1997, Manajemen Pemasaran, Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan, Edisi Kedelapan, Jilid I , Jakarta: Intermedia

Santoso, Singgih.2003. Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung :CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta
Published
2017-09-30
How to Cite
AhmadA. and NikmahU. (2017) “PENGARUH HIGHER EDUCATION PERFORMANCE (HEDPERF) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS SAINS AL QURAN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(3), pp. 246-253. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v4i3.429.
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 98 times
PDF downloaded = 103 times