PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN CUBLAK-CUBLAK SUWENG UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI KECAMATAN NGALIYAN SEMARANG
permainan cublak-cublak suweng, kecakapan sosial anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak
Suweng untuk Pengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan
Semarang, Mengetahui Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng
yang dapat Mengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan
Semarang, Mengetahui efektifitas Model pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng untuk
Pengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kecamatan Ngaliyan Semarang.
Jenis penelitian adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian
adalah anak kelompok B di kecamatan ngaliyan . Metode pengumpulan data penelitian
menggunakan: Observasi
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model pembelajaran permainan cublak-cublak suweng ini
diantarkan dengan adanya cerita dengan bantuan poster,menyanyi bersama,tanya jawab,
menebak letak suweng. (2) Pelaksanaan Model Pembelajaran Permainan Cublak-Cublak Suweng
yang dapat Mengembangan Kecakapan Sosial Anak Kelompok B di Kec.Ngaliyan dilakukan
sebanyak dua kali pertemuan, setiap pertemuan ada empat macam kegiatan yang dilakukan
sesuai dengan RKH, hasil rata-rata skor indikataor kecakapan sosial anak mengalami
peningkatan hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. menunjukan bahwa rata-rata
sikap toleran 2,51(kurang baik) menjadi 2,87 (baik), sikap gigih skor rata-rata diperoleh
2,49(kurang baik) menjadi 2,95(baik), kerjasama skor rata-rata diperoleh 2,55(baik) menjadi
2,85(baik), interaksi dan komunikasi diperoleh skor rata-rata 2,64(baik) menjadi 2,91(baik) (3)
Keefektifan model pembelajaran kecakapan sosial anak menggunakan permainan cublak-cublak
suweng berbantuan poster pada anak kelompok B di kecamatan ngaliyan efektif. Keefektifan ini
ditujukkan dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hal ini didukung oleh hasil
perhitungan t tes
Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran dengan menggunakan permainan cublakcublak suweng efektif untuk menggembangkan kecakapan sosial anak B di kecamatan ngaliyan,
model pembelajaran berupa permainan cublak-cublak suweng bantuan poster, tanya jawab,
bercerita, dan menebak. Disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di Taman Kanakkanak yang kecakapan sosialnya belum berkembang.
Downloads
References
social skill in young children. Early
Childhood Education Journal, Vol. 28, No. 2.
Sukintaka. 1998. Teori Bermain untuk Pendidkan
Jasmani. Yogyakarta: FPOK IKIP
Izzaty, R. E. 2008. Berbagai strategi pemecahan
masalah sosial anak TK. Pra-survey.
Izzaty, R.E. 2004. Mengenali Permasalahan
Perkembangan Anak Usia TK. Buku Ajar
Bidang PGTK. Jakarta : Direktorat Jenderal
Pendidikan Tinggi
Nourovita Putri, Aulia Rifki. (2013) Efektivitas
Permainan Tradisional Jawa dalam
Meningkatkan Penyesuaian Sosial pada Anak
Usia 4-5 tahun di Kecamatan Suruh ,Early
Childhood Education Papers ( Belia) 2 (1).
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia
Samsudi.2009. desain penelitian
pendidikan.semarang: UNNES Press.
Sugiyono 2008 metode penelitian pendidikan
kuantitatif, kualitatfi, dn R&D. Bandung
alfabeta