RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA UKM DOLANAN BOCAH PINTER

  • Intan Oktaviani Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Vihi Atina Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta
Keywords:
UKM, E-Commerce, PIECES, SWOT, RAD

Abstract

UKM Dolanan Bocah Pinter adalah UKM yang bergerak dalam pembuatan mainan edukatif anak. Dalam proses pelaksanaannya, hasil produksi UKM dipasarkan secara konvensional, yaitu dengan penyebaran katalog tercetak. Sehingga target market hanya sebetasa lingkungan sekitar. Hal tersebut dirasa kurang efektif dalam proses perkembangan usaha. Dengan didesainnya Electronic Market Place diharapkan peningkatan usaha lebih optimal. Electronic Market yang dibuat berbasis website dengan fitur pemasaran dan penjualan. Sistem ini dianalisis dengan menggunakan metode PIECES dan menerapkan metode Rapid Application Development (RAD). Untuk analisis proses bisnis menggunakan metode SWOT. Penelitian menghasilkan program aplikasi yang berguna sebagai media promosi dan penjualan dengan dikelola oleh administrator sebagai pengontrol aktivitas user, dimana user sistem adalah penjual dan pembeli.

Pengujian Sistem Electronik Market dilakukan dengan metode Black Box dan pengujian kuisioner untuk pengujian tingkat pengguna. Hasil dari pengujian dengan kesimpulan sesuai perencanaan serta sistem yang telah diimplementasikan telah berfungsi sesuai dengan fungsionalitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan hermawan. 2013. E-Business & E-Commerce. Yogyakarta: Andi.
Akifa P. Nayla, Komplet Akutansi untuk UKM dan Waralaba, Laksana, Jogjakarta, 2014
Damayanti, Rosna. 2016. Sistem Informasi Penjualan Pada Mini Market AL Amin Berbasis Web.
Fillis. I, Wgner B. 2006. E-business Development And Exploratory Investigation
Ginting, Elizaandayni. 2013. Aplikasi PEnjualan Berbasis Web (e-commerce) Menggunakan Joomla Pada Mutiara Fashion.
Hakin, M. M, Nurkamid, M. 2017. Model Adopsi UKM di Kudus Terhadap E-commerce. Jurnal Simetris. Vol. 8 No. 1. ISSN: 2252-4983
Jauhari Jaidan.2010. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-commerce. Jurnal Sistem Informasi. Vol 2 No. 1.
Keputusan Presiden Republik Indonesia,1998 Nomor 99 Tahun 1998 tentang Bidang/Jenis Usaha Yang Dicadangkan Untuk Usaha Kecil Dan Bidang/Jenis Usaha Yang Terbuka Untuk Usaha Menengah Atau Usaha Besar Dengan Syarat Kemitraan . Sekretariat Kabinet RI. Jakarta.
Kodong, F. R. 2012. Model Aplikasi E-Market Sebagai Sarana Promosi Dan
Nicolas, Victor. 2013. Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Pemesanan Produk Berbasis Web of the Small Firm. International Small Business Journal
Rangkuti, Freddy.2008. Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum.
Rangkuti, Freddy.2014. Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum.
Tukar Menukar Informasi. Prodi Teknik Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta,75–84.
Widharta, Willy Pratama. 2013. Penyususnan Strategi dan Sistem Penjualan dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Vol. 2,No. 1:6-7.
Wisnubroto, Petrus d.k.k. 2013. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan dengan Pendekatan Technology Atlas Project Mehod. Vol. 6,No. 2:162.
Published
2021-01-30
How to Cite
OktavianiI. and AtinaV. (2021) “RANCANG BANGUN E-COMMERCE PADA UKM DOLANAN BOCAH PINTER”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), pp. 61-67. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1582.
Section
Penelitian

STATISTICS

Abstract viewed = 373 times
PDF downloaded = 151 times