PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK POLA PEMBELIAN BERAS PADA UD. BORIMIN
Association Rules, Algoritma Apriori, Pembelian Beras
Abstract
UD. Borimin merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang penjualan beras. Banyak jenis merk beras yang dijual oleh UD. Borimin. Transaksi penjulan dalam sehari cukup banyak yang dapat dilihat pada nota atau kwitansi penjualan beras. Data transksi penjulaan dapat dilihat beras yang sering dibeli konsumen. Tujuan penelitian ini adalah pemodelan Association rule untuk mengetahui pola pembelian merk beras. Algoritma Apriori di gunakan untuk pembuktian pemodelan Association Rule. Metode pengembangan sistem Extreme Programming (XP) dengan tahapan perencanaan dan perancangan. Penelitian ini menggunakan data sebanayak 563 transaksi dengan minimun support 30% dan confidence 70%. Hasil penelitian didapatkan kombinasi 2 itemset didapatkan 5 kombinasi itemset dan kombinasi 3 itemset sebanyak 3 kombinasi itemset. Hasil final asosiasi didapatkan 17 kombinasi merk beras berdasarkan pola pembelian beras.
Downloads
References
Han, Jianwei & Micheline Kamber. 2006. Data Mining Concept and Techniques. United States of America : Elsevier Inc
Kusrini,Luthfi,E.T. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi Offset
Larose, Daniel T. 2014. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining (Third Edition). New Jersey : John Wiley & Sons.
Retno, T. V. (2017). Data Mining. Surakarta: Gava Media
Santoso, Budi. 2007. Data Mining:Teknik Pemanfaatan data untuk keperluan bisnis, Yogyakarta : Graha Ilmu
Sarosa, S. 2017. Metodologi Pengambangan
Sistem Informasi. Indeks, Jakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.