Usaha Rumahan Kerajinan Ukir Kayu di Desa Ngebong Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung

  • Nulngafan Nulngafan UNSIQ
Keywords: mesin ukir, palet kayu, kerajinan

Abstract

Desa Ngebong merupakan salah satu desa dengan masyarakat yang memiliki Inisiatif dan kreatifitas untuk memanfaatkan limbah pabrik kayu yang tersebar di sekitar Desa. Limbah pabrik tersebut berupa palet kayu. Palet kayu dimanfaatkan  oleh Masyarakat sebagai bahan baku pembuatan  kerajinan ukir kayu  yang memiliki nilai Ekonomis tinggi.

Pengelolaan usaha rumahan masih menggunakan cara tradisional dalam hal pemasaran yaitu belum menggunakan sistem informasi dan belum memiliki branding  produk berupa merk  produk, logo maupun stempel. Permasalahan di bidang produksi dan pemasaran . dari sisi produksi permasalahan Utama yang dihadapi ialah masalah pembuatan produk dan penataan ruang produksi.

Hasil dari pengabdian masyarakat tersebut Prinsip kerja mesin ukir kayu ini adalah seperti gergaji dimana scroll saw dan blade bergerak secara vertical berulang kali sehingga dapat membuat kayu yang akan dibentuk terkikis sesuai dengan pola yang diinginkan. Spesifikasi Mesin antara lain yaitu : Tenaga penggerak : motor listrik, Daya : 90 watt, Listrik : 220 V/50 Hz dan Rpm : 1400 r/min.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cen, Siong. Analisis Ergonomi Serta Ususlan Perbaikan terhadap Fasilitas Fisik dan Lingkungan Ruang Gambar Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Kristen Maranatha. J. Teknik Industri.
Darwanto. Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas (Strategi Penguatan Property Right Terhadap Inovasi dan Kreativitas). J Bisnis Dan Ekonomi (JBE). 2013 Sept; 2(2) : 142-9.
Nugraha AS, Desrianty A, Irianti L. Usulan perbaikan berdasarkan metode 5S (seiri,, Seiton, seiso, Seiketsu, shitsuke) untuk Area kerja Lantai Produksi di PT X. J Online Institut Teknologi Nasional. 2015 Okt;3(4):219-229.
Pratiwi I, Muslimah E, Aqil AW. Perancangan Tata Letak Fasilitas di Industri Tahu menggunakan Blocplan. J ilmiah Tehnik Industri. 2012 Des; 11 (2) : 102-12.
Rifa’I, Bactiar.Efektifitas pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. J kebijakan dan Manajemen Publik. 2013 Jan;1(1):130-6.
Suwondo C. Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) di Indonesia. J Magister Manajemen. 2012 April; 1 (1) : 29 :48.
Published
2020-01-30
How to Cite
NulngafanN. (2020) “Usaha Rumahan Kerajinan Ukir Kayu di Desa Ngebong Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung”, Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(1), pp. 94-99. doi: https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i1.1062.
Section
Articles
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 0 times