NILAI PENDIDIKAN DALAM SURAT LUQMAN AYAT KE 12 SAMPAI KE-19 DALAM KITAB TAFSIR AL MISBAH

  • Ghufron Effendi Mustofa FITK UNSIQ di Wonosobo
Keywords:
nilai pendidikan, metode pendidikan, tafsir al Qur‟an

Abstract

Al Quran merupakan sebuah petunjuk yang berasal dari Allah yang wajib diapahami, dihayati dan diamalkna oleh manusia yang beriman kepada Allah Swt. Di dalam al Qur‟an terdapat berbagai pelajarn bagi umat manusia. Di antara ayat-ayat yang terdapat di al Qur‟an yang mengandung nilai-nilai pendidikan termuatu pada surat al Lukman ayat ke-12 sampai ayat ke-19. Dalam penulisan ini memaparkan nilai pendidikan yang termuat dalam surat al Lukman ayat ke-12 sampai ayat ke-19 di dalam kitab tafsir al Misbah karya M Quraish Shihab. Penulisan ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam surat al Lukman sebagai sebuah upaya untuk menanamkan nilai-nilai kepada ananknya. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa dalam surat al Lukkman ayat ke-12 sampai ayat ke-19 dalam tafsir al Misbah karya M Quraish Shihab mengandung berbagai nilai pendidikan diantaranya; 1). Adanya perintah untuk bersikap syukur kepada Allah Swt dalam menerima nikmat yang diberikan oleh Allah Swt, 2). Menyembah Allah Swt dan tidak melakukakn perbuatan syirik, 3). Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua, 4). Setiap perbuatan baik maupun perbuatan buruk yang dilakukan oleh setiap manusia pasti akan mendapatkan balasan dari Allah Swt, 5). Agar selalau mengerjakan shalat dan senantiasa berbuat kebaikan dan menjauhkan dari perbuatan yang mengakibatkakn kemungkaran, 6). Bersikap dan berperilaku tidak sombong dalam kehidupan serta bersikap sopan baik dalam bertingkah laku dan bertutur kata. Selain itu dalam penulisan ini juga menemukan beberapa metode yang digunakan oleh Lukman ketika mendidik ananknya yaitu; 1). Lukman mendidik anaknya dengan metode keteladanan atau uswah hasanah, 2). Mendidik anak dengan memberikan nasehat-nasehat yang baik, 3). Mendidik anak dengan metode cerita ataupun kisah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-12-01

STATISTICS

Abstract viewed = 162 times
PDF downloaded = 311 times