HUMANISME PENDIDIKAN PESANTREN

  • Ngarifin Shiddiq Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNSIQ Wonosobo
  • Sri Haryanto Universitas Sains Al Qur'an
Keywords:
Pesantren, Pendidikan, Islam, Humanisme

Abstract

Pesantren sebagai pranata pendidikan ulama (intelektual) terus menyelenggarakan misinya agar umat menjadi tafaqquh fiddin dan memotifasi kader ulama dalam misi dan fungsinya debagai warasat al anbiya’.
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang cukup unik karena memiliki elemen dan karakteristik yang berbeda dengan lembaga pendidikan Islam lainnya. Elemen-elemen Islam yang paling pokok, yaitu: pondok atau tempat tinggal para santri, masjid, kitab-kitab klasik, kyai dan santri. Kelima elemen inilah yang menjadi persyaratan terbentuknya sebuah pesantren, dan masing-masing elemen tersebut saling terkait satu sama dengan lain untuk tercapainya tujuan pesantren, khususnya, dan tujuan pendidikan Islam, pada umumnya, yaitu membentuk pribadi muslim seutuhnya (insan kamil).
Pesantren Sekarang ini, semakin diharapkan tampil dengan tawaran-tawaran kultural yang produktif dan konstruktif, serta mampu menyatakan diri sebagai pembawa kebaikan untuk semua, tanpa ekslusifisme komunal dan mengembangkan nilai-nilai humanism dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azyumardi. 1998, Esei-esei Intelektual Muslim & Pendidikan Islam, cet. I Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Dhofier, Zamakhsyari. 1982, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, LP3ES, Jakarta.
Edwards, Paul (ed.). 1972. Encyclopedia of Philosophy, Jilid IV (Macmillan: New York.
Hasbullah.1999, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia : Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya, Jakarta : PT Grafindo Persada.
Kuntowijoyo. 1993, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, (Bandung: Mizan
Madjid, Nurcholish.1997, Bili-Bilik Pesantren:Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta : Paramadina.
Mahali, A. Mudjab dan Umi Mujawazah Mahali. 1988. Kode etik kaum santri, Bandung:Al Bayan, 1988
Mas‟ud, Abdurahhman. 2002., Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik; Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media.
Wahid, Abdurahman. 2001, Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren, Yogyakarta : LKIS
Ziemek, Manfred. 1986, Pesantren Dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soendjojo, Jakarta : P3M
Zuhairini. 1997, Sejarah Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2014-06-02

STATISTICS

Abstract viewed = 98 times
PDF downloaded = 174 times