Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Menggunakan Platform Raptivity Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Di UIN SAIZU Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v7i2.5720Kata Kunci:
Project-based learning, raptifity, Arabic learning, platform learningAbstrak
Platform pembelajaran bahasa Arab interaktif sangat beragam, salah satunya adalah platform raptifity. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji salah satu platform pembelajaran interaktif, yaitu platform raptivitas dalam perkuliahan bahasa Arab dengan model pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan di UIN Prof. Saifudin Zuhri Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Penulis terjun langsung ke lapangan untuk mengamati proses pembelajaran bahasa Arab dan penggunaan platform raptifity, wawancara dosen dan mahasiswa serta kegiatan dokumen dan hasil proyek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Model Project Based Learning dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut adalah menyiapkan pertanyaan atau tugas proyek, merancang perencanaan proyek, menyusun jadwal sebagai langkah konkret suatu proyek, memantau kegiatan dan kemajuan proyek, menguji hasil dan mengevaluasi kegiatan/pengalaman. Penilaian dapat dilihat dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta dari hasil akhir berupa suatu produk yaitu tampilan interaktif, permainan atau kuis pada platform raptifity selain itu juga muncul pada bagaimana mempresentasikan hasil proyek
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azizah, Nurul. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Efendi, Dedi, dan Zulfani Sesmiarni. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Pemanfaatan Gamifikasi Quizizz dalam Pembelajaran di MAN 5 Agam.” at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 3 (2): 90–98. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i2.7626.
Febriyana, Mutia, dan Winarti Winarti. 2021. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 7 (2): 378722. https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7055.
Isnaini, Isnaini, Ambiyar Ambiyar, Ishak Aziz, dan Afriwes Afriwes. 2022. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Mata Kuliah Neurosains Anak Usia Dini.” Aulad: Journal on Early Childhood 5 (1): 9–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.280.
Khairani, Dewi, Muhammad Iqbal, Dede Rosyada, Zulkifli Zulkifli, dan Fitri Mintarsih. 2021. “Penerimaan Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Dengan E-Learning Dan Gim Di Masa Pandemi COVID-19.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19 (3): 346–61. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.958.
Lutfiyatun, Eka. 2021. “Gamifikasi Bahasa Arab dengan Model Blended Learning.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 6 (2): 117–28. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i2.4534.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
———. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offsite.
Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurul Zuriah. 2007. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Santyasa, I. Wayan. 2018. “Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 Untuk Menyiapkan Guru Profesional.” Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika, no. 0 (Mei): xix–xxxii.
Saud, Syukur, Nur Aeni, dan Laelah Azizah. 2021. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online yang Mengintegrasikan Quizziz dan Bamboozle.” Seminar Nasional LP2M UNM, no. 0 (November). https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25354.
Shodiqoh, Mira, dan M. Mansyur. 2022. “REAKTUALISASI PROJECT BASED LEARNING MODEL DALAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1 (03): 144–55. https://doi.org/10.36420/tanfidziya.v1i03.134.
Sulistyo (dkk). 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.
https://www.raptivity.com/
https://kbbi.kemdikbud.go.id/
https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









