Arabic Language Learning Progress in Darussakinah Batu Bersurat Islamic Boarding School
DOI:
https://doi.org/10.32699/liar.v6i2.3499Kata Kunci:
Textbooks, Learning Arabic, Learning Grammar, Learning MethodsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menyelidiki pembelajaran bahasa Arab dan tata bahasa di Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat dari tahun 2005 hingga 2017 dan dari 2018 hingga sekarang serta membandingkan aspek kemajuan pembelajaran bahasa Arab dari kedua periode tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat terdapat dalam beberapa aspek; yaitu, aspek tujuan tujuan pembelajaran bahasa Arab, buku teks yang digunakan, proses pembelajaran, dan metode pembelajaran yang digunakan. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Darussakinah Batu Bersurat saat ini bersifat reseptif dan ekspresif. Buku teks bahasa Arab menggunakan bahasa target untuk mempercepat pemerolehan bahasa. Bahasa buku teks tata bahasa Arab menggunakan bahasa ibu siswa sehingga pembelajaran tata bahasa Arab efektif dan efisien. Guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar pembelajaran tidak membosankan. Proses pembelajaran tata bahasa Arab di pondok pesantren ini secara teoritis dapat diterapkan dengan menganalisis teks-teks bahasa Arab dengan teori-teori yang dipelajari. Pembelajaran seperti ini membuat siswa mengerti dan merasakan manfaat dari belajar grammar. Proses pembelajaran bahasa Arab lebih menekankan pada aspek komunikasi lisan dan tulisan agar siswa merasakan makna hidupnya dari pembelajaran yang dilakukan; dengan makna tersebut, siswa aktif dan antusias dalam belajar bahasa Arab.
Referensi
Al-Fauzan, A. B. I. (2010). Idhoat; Li Muallimi Al-Lughah Al-Arabiyyah Lighoiri An-Natiqina Biha.
Al-ghulayaini, M. (2010). Jamiud Durus al-Arabiyyah. Dar at-Taufiqiyyah.
As-Sa’diyyah, I. M. (2016). Al-Kitab Al-Madrasi Da’amatu Asasi Fi Al-Amaliyah At-Ta’limiyyah- At-Ta’alluymiyyah. Majallah Ulum At-Tarbiyyah, 66, 150–161. https://doi.org/10.12816/0036184
Azhar, M., Wahyudi, H., & Promadi, P. (2022). Arabic Language Learning with Communicative Method and Factors Affecting Student’s Speaking Ability. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 1(2), 92–101. https://doi.org/10.56113/takuana.v1i2.33
Chaer, A. (2018). Linguistik Umum. Rineka Cipta.
Cheung, C.-K. (2001). The use of popular culture as a stimulus to motivate secondary students’ English learning in Hong Kong. ELT Journal, 55(1), 55–61. https://doi.org/10.1093/elt/55.1.55
Choudhury, R. U. (2014). The Role of Culture in Teaching and Learning of English. Express, an International Journal of Multi Disciplinary Research, 1(4), 1–20.
Daud, M. M. (2001). Al-Arabiyyah wa Ilmu Al-Lughah Al-Hadits. Dar Ghorib.
G. Mordaunt, O., Naprstek, A., & McGuire, M. (2019). The Communicative Method as a Model for Language Teaching. INTERNATIONAL JOURNAL OF LANGUAGE & LITERATURE, 7(2). https://doi.org/10.15640/ijll.v7n2a12
Hamid, M. A., Hilmi, D., & Mustofa, M. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB BERBASIS TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME UNTUK MAHASISWA. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 100. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.107
Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (E. Kuswandi (ed.); 5th ed.). PT Remaja Rosda Karya.
Hoque, M. (2017). An Introduction to the Second Language Acquisition (pp. 1–23).
Jinni, I. (2010). al-Khashais. Dar al-Kutub al-Mishriyyah.
Kelas Pintar. (2022). Negara dengan Penduduk Muslim Terbanyak di Dunia. Kelas Pintar. https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/negara-dengan-penduduk-muslim-terbanyak-di-dunia-15700/
Kramsch, C. (2014). Teaching foreign languages in an era of globalization: Introduction. Modern Language Journal, 98(1), 296–311. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.2014.12057.x
Lo Bianco, J. (2014). Domesticating the foreign: Globalization’s effects on the place/s of languages. Modern Language Journal, 98(1), 312–325. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.2014.12063.x
Madkur, A. A., & Haridi, I. A. (2007). Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Lighoiri an-Nathiqin biha. . Dar al-Fikr al-Arabi.
Mei, Y. (2018). Comments on the audiolingual method. International Journal of Arts and Commerce, 7(4), 47–53. https://www.ijac.org.uk/images/frontImages/gallery/Vol.7No.4/5.47-53.pdf
Munawaroh. (2017). The Influence of Teaching Methods and Learning Environment to the Student’s Learning Achievement of Craft and Entrepreneurship Subjects at Vocational High School. International Journal of Environmental and Science Education, 12(4), 665–678.
Paradowski, M. (2007). Foreign-language grammar instruction via the Mother Tongue. In F. Boers, J. Darquennes, & R. Temmerman (Eds.), Multilingualism and Applied Comparative Linguistics: Comparative Considerations in Second and Foreign Language Instruction (Vol. 1, pp. 151–167). Cambridge Scholars Press.
Poggensee, A. (2016). The effects of globalization on English language learning : Perspectives from Senegal and the United States.
Qin, H. (2019). On “ Audio - lingual Method ” and “ Communicative Language Teaching Method ” in Foreign Language Teaching. 7, 64–70.
Ryeo, P. J. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) Pada Anak Usia 2 Tahun. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1(1), 15–28. https://doi.org/10.52217/ksatra.v1i1.6
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA, 5(1), 73–88.
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Pragmatik. Angkasa.
Tu’aimah, R. A. (1982). Al-Usus Al-Mu’jamiyyah Wa As-Saqafiyyah Lita’lim Al-Lughah Al-Arabiyyah Lighoiri An-Natiqina Biha.
Tu’aimah, R. A., & Al-Naqah, M. K. (2006). Ta’lim al-Lugah Ittishaliyan Baina al-Manahij wa al-Istiratijiyat. Iseso.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).









