MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA BANJARAN TAHUN AJARAN 2021/2022

المؤلفون

  • Siti Mursyidatun

الكلمات المفتاحية:

Membaca permulaan، Metode bermain، Kartu kata bergambar

الملخص

Kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Banjaran masih kurang. Dari 15 anak hanya 4 anak yang bisa membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak membaca permulaan melalui metode bermain kartu kata bergambar kelompok B di TK ABA Banjaran Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak, 9 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Pada setiap siklus 2 pertemuan. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Banjaran dapat ditingkatkan melalui metode bermain kartu kata bergambar. Pada pra tindakan yang bisa membaca 4 anak (27%), pada siklus I ada 6 anak yang bisa membaca (40%) dan pada siklus II ada 12 anak yang bisa membaca (80%).

التنزيلات

منشور

2022-09-30

كيفية الاقتباس

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA BANJARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. (2022). Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(9), 1274-1283. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5314