MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA BANJARAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Membaca permulaan, Metode bermain, Kartu kata bergambar
Abstract
Kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Banjaran masih kurang. Dari 15 anak hanya 4 anak yang bisa membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak membaca permulaan melalui metode bermain kartu kata bergambar kelompok B di TK ABA Banjaran Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 15 anak, 9 laki-laki dan 6 perempuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Pada setiap siklus 2 pertemuan. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK ABA Banjaran dapat ditingkatkan melalui metode bermain kartu kata bergambar. Pada pra tindakan yang bisa membaca 4 anak (27%), pada siklus I ada 6 anak yang bisa membaca (40%) dan pada siklus II ada 12 anak yang bisa membaca (80%).