PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MI MAKUKUHAN KRAJAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2023/2024
Metode Total Physical Respone, Kosakata Bahasa Arab
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Arab setelah digunakan metode Total Physical Response dan adakah perbedaan penguasaan kosakata Bahasa Arab antara yang menggunakan metode Total Physical Respone dan yang tidak menggunakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen dan quasi experimental design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua kelas V MI Makukuhan Krajan yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang digunakan adalah 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji Gain dan uji t. Dari hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji-gain. Hasil dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,416 sedangkan pada kelas control mendapatkan nilai 0,230. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab yang lebih baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode Total Physical Respone. Sedangkan hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa hasil dari t hitung = 3,030 dan t tabel = 2,711 dan pada taraf signifikan 1% t tabel 2,428, berarti t hitung > t tabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan penguasaan kosakata bahasa arab yang menggunakan metode Total Physical Respone dengan metode ceramah.