PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang ditawarkan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. Keterampilan berbahasa dalam kurikulum sekolah mencakup empat aspek: pemahaman menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Media pembelajaran yang digunakan adalah wayang kartun sebagai alat untuk menyajikan materi cerita kepada anak dan mengekspresikan tokoh cerita melalui gerakan. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.(1) Mendengarkan cerita Al-Qur’an siswa kelas 4 SD Takhassus dan mempelajari penggunaan media boneka kartun dalam bahan ajar.(2) Ditemukan bahwa siswa kelas 4 SD Takhassus Al Quran mengalami peningkatan kemampuan mendengarkan cerita setelah menggunakan media menggunakan boneka kartun (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak siswa kelas IV SD Takhassus Al-Qur'an yang menggunakan media wayang kartun dan yang tidak menggunakan media wayang kartun. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dari kedua kelas tersebut diolah dan dianalisis untuk mengetahui perbedaan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan media wayang kartun lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.