PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

  • Royin Kamaliyah
  • Fathurrohman Fathurrohman
  • Muhamad Yusuf Amin Nugroho
Keywords:
Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang ditawarkan pada semua jenjang pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga universitas. Keterampilan berbahasa dalam kurikulum sekolah mencakup empat aspek: pemahaman menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Media pembelajaran yang digunakan adalah wayang kartun sebagai alat untuk menyajikan materi cerita kepada anak dan mengekspresikan tokoh cerita melalui gerakan. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut.(1) Mendengarkan cerita Al-Qur’an siswa kelas 4 SD Takhassus dan mempelajari penggunaan media boneka kartun dalam bahan ajar.(2) Ditemukan bahwa siswa kelas 4 SD Takhassus Al Quran mengalami peningkatan kemampuan mendengarkan cerita setelah menggunakan media menggunakan boneka kartun (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan menyimak siswa kelas IV SD Takhassus  Al-Qur'an yang menggunakan media wayang kartun dan yang tidak menggunakan media wayang kartun. Penelitian ini menggunakan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dari kedua kelas tersebut diolah dan dianalisis untuk mengetahui perbedaan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen dengan menggunakan media wayang kartun lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-04
How to Cite
KamaliyahR., FathurrohmanF., & NugrohoM. (2024, October 4). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SD TAKHASSUS AL-QUR’AN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 4(2), 20-25. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/8042

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times