PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENILAIAN RANAH SIKAP MELALUI IN HOUSE TRAINING DI SD NEGERI TEMON KULON TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kemampuan Guru, Penilaian Ranah Sikap, In house training
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian ranah sikap melalui in house training di SD Negeri Temon Kulon Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Temon Kulon Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah. Subjek penelitian adalah Guru Kelas I-VI dan Guru Mata Pelajaran SD Negeri Temon Kulon Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo. Prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi atau portofolio. Teknik analisis data menggunakan analisis data diskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa In house training dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian ranah sikap di SD Negeri Temon Kulon Kapanewon Temon Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Dibuktikan dengan adanya peningkatan ketercapaian kemampuan guru dalam melakukan penilaian ranah sikap, pada siklus I kemampuan guru berada pada kategori cukup mampu sebesar 65% menjadi sangat mampu sebesar 87% pada siklus II. Kemampuan yang meningkat berkaitan dengan pemahaman konsep mengenai kemampuan menyusun kisi-kisi, kemampuan menyusun instrument, kemampuan melaksanakan penilaian sikap, pengolahan penilaian sikap dan kemampuan melakukan tindak lanjut pembelajaran. Kesimpulan model pelatihan in house training mampu meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian ranah sikap di SD Negeri Temon Kulon Tahun Pelajaran 2021/2022.