UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENDRISKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA GAYA, GERAK, DAN ENERGI MELALUI PERCOBAAN DENGAN PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PADA KELAS V SEMESTER 2 SD NEGERI 4 GAMBIRMANIS KECAMATAN PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 20
Metode eksperimen, Proses pembelajaran, Hasil belajar
Abstract
Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui minat dan hasil belajar gaya magnet dengan menggunakan model pembelajaran metode eksperimen pada siswa kelas V semester II SD Negeri 4 Gambirmanis tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan prosedur tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Gambirmanis berjumlah 6 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan model pembelajaran metode eksperimen pada materi gaya magnet, meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dari kondisi prasiklus rata-rata keaktifan siswa 33,33 %, naik menjadi 66,67 % di siklus I, dan meningkat menjadi 100% di siklus II. Hasil belajar pada prasiklus siswa yang tuntas 1 siswa atau 16,67 %, naik menjadi 2 siswa tuntas atau 66,67 % di siklus I, kemudian meningkat menjadi 6 siswa tuntas atau 100 % di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran berjalan lancar dan sesuai dengan RPP, pembelajaran lebih efektif yang ditandai dengan adanya peningkatan keaktifan siswa dari kategori cukup menjadi baik. (2) Penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat menumbuhkan minat siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 4 Gambirmanis Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2017/2018 pada bidang studi IPA materi gaya magnet. Peningkatan nilai rata-ratanya yaitu sebelum siklus didapat nilai 53,3, siklus pertama 63,3, dan siklus kedua 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan ternyata ada peningkatan hasil belajar dalam penelitian ini.