PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Supervisi, Stem, Mutu
Abstract
Konsep supervisi pada dasarnya pemberian bantuan kepada guru, persoalan yang timbul bagaimana memberikan bantuan dalam pembelajaran sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadikan peserta didik semakin cakap, terampil, kreatif, inovatif sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Hal ini sesuai dengan prinsip supervisi menurut Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2017. Dari analisis lapangan menunjukkan rendahnya literasi numerasi dan karakter menyebabkan rendahnya mutu pendidikan sehingga diperlukan sebuah pengembangan Instrumen supervisi berbasis STEM yang menggabungkan berbagai disiplin ilmu untuk memecahkan masalah sehari-hari. Pengembangan dilakukan melalui tahap pendefinisian, perencanaan dan pengembangan. Pengujian dilakukan oleh Validitas ahli dan validasi lapangan untuk mengetahui keefektifan Instrumen. Rancangan uji coba lapangan dilaksanakan pada 10 Sekolah Dasar di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan dokumentasi, observasi dan angket. Hasil validasi ahli menyatakan pengembangan Instrumen supervisi STEM dikembangkan dengan baik dan dapat digunakan oleh kepala sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran.