UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 4 WATES DALAM MENYUSUN DIKTAT PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Tugino Tugino
Keywords:
Kinerja guru, Diklat, IHT

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengalaman guru di SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun diktat pembelajaran. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun diktat melalui kegiatan In House Training (IHT) pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 13 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 4 Wates pada bulan Februari – Mei 2022. Desain penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah pada keaktifan guru dalam IHT minimal 80% mencapai kategori Aktif dan pada penilaian diktat minimal 80% guru mencapai kategori Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan guru dalam kategori Aktif pada siklus I sebesar 23,1% dan pada siklus II sebesar 100,0% dan hasil penilaian diktat yang disusun oleh guru dalam kategori Sangat Baik pada siklus I sebesar 61,5% dan pada siklus II sebesar 92,3%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa IHT dapat meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun diktat pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-30
How to Cite
TuginoT. (2023, January 30). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 4 WATES DALAM MENYUSUN DIKTAT PEMBELAJARAN MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 3(1), 31-45. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/6165

STATISTICS

Abstract viewed = 68 times
PDF downloaded = 52 times