UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SOAL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (KBTT) MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT) DI SMP NEGERI 4 WATES SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Kinerja guru, KBTT, In House Training
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengalaman guru di SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun soal KBTT. Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun soal KBTT melalui kegiatan In House Training (IHT) pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 11 orang guru mata pelajaran di SMP Negeri 4 Wates pada bulan September – Oktober 2021. Desain penelitian adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah pada keaktifan guru dalam IHT minimal 80% mencapai kategori Aktif dan pada penilaian soal KBTT minimal 80% guru mencapai kategori Sangat Baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan guru dalam kategori Aktif pada siklus I sebesar 72,73% dan pada siklus II sebesar 90,91% dan hasil penilaian soal KBTT yang disusun oleh guru dalam kategori Sangat Baik pada siklus I sebesar 18,18% dan pada siklus II sebesar 81,82%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa IHT dapat meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Wates dalam menyusun soal KBTT pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022.